Pandemi Covid-19, TKI Pulang Kampung Akibat Malaysia Lockdown

Syaiful Islam, Okezone · Kamis 02 April 2020 19:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 02 519 2193110 pandemi-covid-19-tki-pulang-kampung-akibat-malaysia-lockdown-G9znfb0sBr.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

SURABAYA - Satu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Desa Karang Penang Oloh, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur pulang ke kampung halaman karena pandemi covid-19 atau virus corona.

TKI asal Sampang, Hoimatun menyampaikan, perjalanan pulang dari Malaysia menggunakan kapal dan transit di kota Batam. Setelah menjalankan pemeriksaan kesehatan, kemudian terbang menuju bandara Juanda Surabaya.

Wanita 26 tahun itu, mengaku merantau di Malaysia sejak empat tahun terakhir. Malaysia sudah memberlakukan lockdown guna mencegah peredaran virus corona.

"Satu bulan, saya libur kerja sebagai karyawan cafe karena virus corona di Malaysia. Karena lockdown, saya tidak dapat kerja apa-apa dan memutuskan pulang kampung," ujarnya, Kamis (2/4/2020).

 koro

Di posko percepatan dan pencegahan Covid-19 Sampang, Hoimatun melakukan sreening dan pemeriksaan kesehatan tubuh di posko Covid-19.

"Kami mendata pemudik untuk dilakukan screening di Posko. Selanjutnya dibawa ke Puskesmas agar cepat dilakukan monitoring," sambung Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi saat menemui TKI.

Selama dua pekan ke depan, pihaknya terus memantau kondisi para pemudik untuk meningkatkan langkah pencegahan virus corona dengan cara mengecek suhu tubuh dan kesehatan.

"Jika ada indikasi, maka kami akan lakukan pengecekan ulang, dan fasilitas ruang isolasi sudah kami siapkan perawatan medis," tuturnya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini