PM Irlandia Kembali Bekerja Sebagai Dokter di Tengah Pandemi Corona

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 07 April 2020 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 18 2195241 pm-irlandia-kembali-bekerja-sebagai-dokter-di-tengah-pandemi-corona-kk91W1rB3Q.jpg Perdana Menteri Irlandia, Leo Varadkar. (Foto: Reuters)

DUBLIN – Di tengah pandemi virus corona (COVID-19) yang juga terjadi di negaranya, Perdana Menteri (PM) Irlandia berencana untuk kembali terjun sebagai dokter. PM Leo Varadkar akan menyisihkan waktunya, bekerja satu hari dalam sepekan membantu para tenaga medis.

Berdasarkan laporan Reuters, PM Leo Varadkar belajar kedokteran dan dilatih untuk menjadi dokter di King’s Hospital dan Trinity College Dublin. Dia bekerja sebagai dokter selama tujuh tahun sebelum memasuki dunia politik.

Pada Maret, Varadkar mendaftar ulang sebagai dokter untuk berpraktek satu hari sepekan dengan Layanan Kesehatan Eksekutif Irlandia, hal itu telah dikonfirmasi oleh kantor perdana menteri.

"Banyak keluarga dan teman-temannya bekerja di pelayanan kesehatan. Dia ingin membantu walaupun dengan cara yang kecil," demikian pernyataan yang dilansir USA Today.

Ayah Varadkar adalah seorang dokter dan ibunya seorang perawat. Menurut Irish Times, pasangannya, saudara perempuan dan suami mereka semua bekerja untuk layanan kesehatan negara itu juga.

Times melaporkan, PM Varadkar akan membantu layanan medis dengan mengatur janji telepon. Warga Irlandia yang percaya bahwa mereka mungkin menderita COVID-19, penyakit akan meminta penilaian pertama, daripada segera pergi ke ruang gawat darurat, untuk membantu memperlambat penyebaran.

Varadkar adalah satu dari sekitar 50.000 profesional medis di Irlandia yang saat ini tidak bekerja di lapangan yang mendaftar ulang, setelah layanan medis Irlandia memanggil lebih banyak pekerja medis untuk bergabung.

Menurut data Universitas Johns Hopkins, hampir 5.000 orang di Irlandia diketahui positif mengidap virus corona baru dan lebih dari 150 orang telah meninggal.

Varadkar telah menjadi anggota parlemen Irlandia sejak 2007, dan pada 2017 menjadi perdana menteri termuda di negara itu pada usia 38 tahun.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini