nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayah dan Anak Positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 14:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 10 512 2197222 ayah-dan-anak-positif-covid-19-di-kabupaten-purworejo-croMdXJRO4.jpg foto: istimewa

PURWOREJO - Dua orang warga di Kabupaten Purworejo yang dinyatakan positif terpapar virus Corona (Covid-19), akhirnya dievakuasi ke ruang isolasi RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo. Keduanya merupakan ayah dan anak yang dari hasil test swab-nya sudah keluar dan dinyatakan positif Covid-19.

“Turut dievakuasi pula sang istri, meskipun hasil test swab-nya belum keluar,” kata juru bicara Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam penanganan Covid-19, dr H Darus, Jumat (10/04/2020).

Dijelaskan pula bahwa ketiganya dievakuasi ke RSUD bukan karena sakit, namun karena pertimbangan non medis. Sesuai prosedur, orang yang positif Covid-19 namun tidak ada keluhan, tidak perlu menjalani perawatan di rumah sakit. Yang bersangkutan bisa melakukan isolasi mandiri, dengan pengawasan dan pemantauan yang ketat.

“Namun dengan pertimbangan munculnya keresahan di tengah masyarakat yang khawatir tertular, maka keluarga tersebut akhirnya kita evakuasi ke RSUD dr Tjitrowardojo,” jelasnya.

 Korban Covid-19

Darus juga menampik anggapan sebagian masyarakat bahwa warga positif Covid-19 itu tidak diisolasi di rumah sakit, karena merupakan seorang pejabat di jajaran Pemkab Purworejo.

“Ini bukan masalah pejabat atau rakyat biasa, tapi karena prosedurnya memang seperti itu. Rakyat biasa-pun kalau positif Covid-19 tapi kondisi kesehatannya membaik, bisa diisolasi di rumah masing-masing,” tandasnya.

Dikatakan pula bahwa menganalogikan dengan kasus yang terjadi di negara-negara yang korban akibat Covid-19 sangat banyak.

“Kalau korban terus bertambah, rumah sakit bisa kekurangan ruang isolasi utamanya bagi PDP atau yang positif dengan kondisi kesehatan benar-benar bermasalah. Sehingga yang terkonfirmasi positif namun kondisi kesehatannya membaik maka bisa dipulangkan saja untuk isolasi mandiri di rumah,” jelasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini