Situasi Lapas Tuminting Manado Sudah Kondusif, 20 Orang Diamankan

Subhan Sabu, Okezone · Sabtu 11 April 2020 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 11 340 2197786 situasi-lapas-tuminting-manado-sudah-kondusif-20-orang-diamankan-aR6xRPTQZY.jpg Lapas Tuminting pasca-kerusuhan (foto: Okezone.com/Subhan Sabu)

MANADO - Sekitar tiga jam situasi mencekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Manado, akhirnya bisa diatasi setelah aparat kepolisian berhasil masuk dan melumpuhkan aksi anarkis para warga binaan.

"Saat ini kondisi lapas sudah sangat-sangat kondusif, kurang lebih satu jam kita sudah berhasil menenangkan warga binaan bersama-sama dengan petugas lapas tentunya yang menghalau dan memberikan kita informasi terkait dengan tempat-tempat warga binaan atau blok-blok dari warga binaan," jelas Kabid Humas Polda Sulut, Julest Abast, Sabtu (11/4/2020)

Sampai saat ini, menurut dia, situasi di dalam lapas sudah sangat kondusif dan sudah berhasil dikuasai. Saat ini dalam perhitungan oleh petugas lapas untuk jumlah warga binaan yang masih berada di dalam.

"Untuk pemicu sampai saat ini masih kita dalami sejauh mana pemicu yang dilakukan siapa, aktor siapa atau ini memang terjadi spontan, kita akan lakukan penyelidikan lebih lanjut tentunya bersama-sama dengan petugas lapas," ujar Julest.

Dari hasil pantauan di lokasi kejadian terdapat 5 orang korban, satu orang warga binaan tertembak di dada kanan, Satu orang merupakan anggota polisi yang terkena gas airmata, dua lagi sipir yang tekena lemparan batu di kepala dan satu lagi seorang warga binaan yang belum diketahui penyebabnya.

 kerusuhan lapas

"Untuk beberapa warga binaan yang sakit ataupun personil kita, tentunya singgungan tidak mungkin terelakkan, namun kita berupaya dengan sekuat tenaga untuk memperkecil jatuhnya korban, jadi saat ini memang ada korban namun hasil sementara masih sehat dan dapat kita bawa berobat ke rumah sakit, saat ini kondisinya cukup baik," pungkas Julest

Selain itu terdapat 20 warga binaan yang diamankan terkait kerusuhan tersebut. Semuanya dibawa ke Mapolda Sulut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini