Usai Kerusuhan, Sajam dan Pecahan Botol Ditemukan di Lapas Tuminting Manado

Subhan Sabu, Okezone · Minggu 12 April 2020 00:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 12 340 2197811 usai-kerusuhan-sajam-dan-pecahan-botol-ditemukan-di-lapas-tuminting-manado-nvRobZ4mII.jpg Lapas Tuminting pasca-kerusuhan (foto: Okezone.com/Subhan Sabu)

MANADO - Usai kerusuhan di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA, Tuminting Manado, ditemukan banyak pecahan botol dan juga senjata tajam. Bahkan dalam aksi tersebut ada beberapa warga binaan yang kedapatan membawa handphone dan merekam aksi mereka via media sosial facebook.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut), Lumaksono belum mau berkomentar banyak.

"Itu sedang kita dalami, nanti dari divisi pemasyarakatan yang akan mendalami kenapa sampai ada sajam dan botol-botol itu," kata Lumaksono, Sabtu (11/4/2020).

 Lapas Manado

Untuk kerusakan sendiri, menurut Lumaksono paling parah di blok narkoba, sementara untuk kerusakan lain masih diinfentarisasi.

"Sedang kita infentarisasi tapi dari data blok yang sudah terbakar itu dari narkoba," ujar Lumaksono.

Diketahui kerusuhan di dalam lapas terjadi sekira pukul 15.00 Wita yang mulai melakukan tindakan anarkis dengan melakukan pembakaran dalam lapas.

Aparat kepolisian beserta petugas lapas yang berusaha menenangkan malah disambut dengan lemparan batu, botol bahkan senjata tajam membuat mereka sulit mendekat.

Tindakan persuasif yang dilakukan tidak membuahkan hasil sehingga aparat gabungan sekira 2000 personil yang diturunkan terdiri dari Brimob, Polda Sulut, Polresta Manado, Unsur TNI dan Instansi terkait mengambil tindakan tegas dengan berusaha masuk kedalam lapas.

Aparat gabungan tersebut merangsek masuk sekira pukul 18.30, dan sampai pukul 19.30, sekira satu jam, kerusahan dalam lapas berhasil ditangani.

Sekira 20 warga binaan diamankan usai kerusuhan tersebut dan langsung digiring ke Mapolda Sulut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini