Sungai Ciberes Meluap, 3 Desa di Cirebon Terendam Banjir 1 Meter

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 15 April 2020 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 525 2199508 sungai-ciberes-meluap-3-desa-di-cirebon-terendam-banjir-1-meter-YMC32KdWWB.png Tiga desa di Cirebon terendam banjir. (Foto: Okezone.com/Fathnur R)

CIREBON - Akibat hujan lebat yang menguyur sejak Selasa, 14 April 2020 malam, tiga desa di Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terendam banjir pada Rabu (15/4/2020). Ketinggian banjir mencapai satu meter.

Dari data yang dihimpun Okezone, tiga desa yang terendam adalah Desa Mekarsari, Desa Gunungsari dan Desa Ciuyah. Sedangkan, ada sekira 1.380 rumah terdampak akibat banjir ini.

Sejumlah petugas gabungan dari TNI dan Polri berusaha membantu warga terdampak banjir. Bencana alam ini disebabkan oleh luapan air Sungai Ciberes, akibat hujan deras yang terjadi selama enam jam sejak Selasa malam.

Salah seorang warga Desa Mekarsari, Yeni mengatakan, banjir tersebut sangat mengganggu aktivitas warga. Dia mengaku Desa Mekarsari sering jadi langgannan banjir jika hujan berlangsung minimal 6 jam.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Lantik Riza Patria sebagai Wagub DKI Jakarta

"Banjir ini mengakibatkan aktivitas warga terganggu. Banjir yang melanda desa sehingga wargapun terpaksa keluar rumah,” kata Yeni, Rabu (15/4/2020).

Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

Sementara itu, Camat Waled, Chamim mengatakan, tiga desa ini kerap jadi langganan banjir setiap hujan lebat. Kondisi ini diperparah dengan kondisi tanggul Sungai Ciberes yang dangkal, sehingga debit air meluap ke rumah warga.

"Kami berharap tanggul di Sungai Ciberes diperbaiki dan dilakukan normalisasi karena sudah dangkal. Warga khawatir banjir terus terulang setiap hujan deras,” ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini