Miris, Gajah Sumatera di Taman Nasional Mati Dibantai Warga

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Kamis 16 April 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 340 2200118 miris-gajah-sumatera-di-taman-nasional-mati-dibantai-warga-1kjR7OurB7.jpg Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU - Aksi pembunuhan dilakukan sekelompok warga terhadap gajah sumatera di Kelurahan Kelayang, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. Gajah dibunuh secara sadis, belalai dipotong dan kepala dicincang.

"Kita mengutuk keras atas kejadian pembunuhan satwa liar gajah sumatera dan bersama dengan penegak hukum, kita akan melakukan penyelidikan terhadap kejadian ini," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Riau Suharyono. 

Dia mengatakan, gajah yang ditemukan mati mengenaskan itu merupakan soliter (gajah penyendiri). Lokasi penemuan gajah merupakan kawasan wilayah jelajah (home range) gajah tersebut.  Di mana, kawasan tersebut merupakan rumah gajah yang kini disulap warga jadi perkebunan dan pemukiman.

Baca juga: Polisi Tangkap Pria yang 'Sumpahin' Tenaga Medis Kena Covid-19 di Medsos

Sebelum dibantai, pihak BBKSDA dan kepolisian sudah berupaya menggiring gajah ke kawasan hutan. Ini karena gajah tersebut sering masuk ke perkebunan dan warga mengagapnya hama. Padahal sebelumnya kawasan itu merupakan habitat gajah.

“Saat upaya evakuasi, kita mengalami kendala dikarenakan masih ada beberapa desa yang akan dilalui saat proses penghalauan kurang kooperatif," imbuhnya.

Kepala Bidang Wilayah 1 BKSDA Riau Andri Hansen Siregar mengatakan bahwa gajah yang mati merupakan salah satu penghuni Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). 

"Gajah yang mati berjenis kelamin jantan. Gajah yang mati tersebut merupakan gajah tunggal yang telah terpisah dari rombongannya Tesso Tenggara," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini