Pesan Penyintas Covid-19: Semangat dan Berpikir Positif

Agregasi KR Jogja, · Kamis 16 April 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 512 2200164 pesan-penyintas-covid-19-semangat-dan-berpikir-positif-HDZIP2KzP5.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

PURBALINGGA - Penyintas Covid 19, Agus Haryanto (25) mengingatkan kepada warga agar mengikuti anjuran pemerintah, yang meliputi menghindari kerumunan (Social distancing) maupun menjaga jarak secara fisik dengan orang lain (Physical Distancing).

Selain menjaga jarak, pola hidup bersih seperti rajin cuci tangan dengan menggunakan sabun. Dan yang paling penting, tetaplah tinggal di rumah bila tidak ada kepentingan yang mendesak.

”Tapi bila sampai harus menjalani isolasi di rumah sakit, tempat yang paling dirindukan adalah rumah,” tutur Agus, di Pringgitan Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Kamis (16/4/2020).

Kepada pasien lain yang masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit, Agus berpesan agar tetap menjaga semangat hidup. Karena semangat menjadi obat paling penting dalam menghadapi situasi tersebut.

“Semangat dan berpikir positif akan meningkatkan imunitas kita. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk kegiatan yang bermanfaat,” ujarnya Agus yang selama sebulan menjalani isolasi berhasil khatam membaca 30 juz Al-Quran.

 Korban Covid-19

Sementara itu, Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menegaskan, ketiga pasien positif Covid 19 itu sudah dinyatakan sembuh dan sehat. Setelah tiga kali menjalani ‘swab’, ketiganya kini dipastikan negatif dan dipulangkan ke rumah masing-masing. Tiwi berharap tidak ada lagi stigma negatif terhadap keluarga pasien positif, pasien dalam pengawasan (PDP) maupun orang dalam pengawasan (ODP).

“Saya tegaskan, di Purbalingga sudah terbukti pasien positif Covid 19 bisa sembuh. Dari 6 pasien positif, tiga diantaranya sudah sembuh,” tutur Tiwi.

Ketiga mantan pasien Covid 19 itu pulang diantar oleh Kepala Puskesmas setempat dengan ambulance. Sebelum tiba di rumah, ketiga penyintas itu transit di pendopo. Bersama Bupati Tiwi dan Komandan Kodim 0702 Letkol Inf Yudhi Novrizal, ketiganya menikmati sarapan dengan menu gudeg Jogja.

Bupati Tiwi dan Dandim Yudhi mewanti-wanti, kendati sudah dinyatakan sembuh, agar tetap tinggal di rumah selama 14 hari. Masing-masing mendapat surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan, satu paket ramuan wedang uwuh dan kain batik.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini