Viral Banjir di Cimahi, Ini Biang Keroknya

CDB Yudistira, Okezone · Jum'at 17 April 2020 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 525 2200635 viral-banjir-di-cimahi-ini-biang-keroknya-sg3L6HqdkH.jpg Sekolan di Cimahi jadi biang kerok banjir (Foto: Okezone/CDB)

BANDUNG - Setiap kali hujan besar, Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi yang menjadi jalan utama berbatasan dengan Kota Bandung, selalu terendam banjir.

Seperti kemarin, Kamis 16 April 2020, hujan dengan intensitas deras, mengguyur wilayah Kota Cimahi menyebabkan meluapnya selokan yang berada di sebelah kiri Jalan Amir Mahmud.

Banjir pun sempat memutus akses jalan Kota Cimahi dan Bandung. Imbasnya, kemacetan terjadi. Namun tidak butuh waktu lama, banjir pun surut.

Banjir di Cimahi pun sempat viral di media sosial. Video banjir yang diunggah akun Dodi Hidayatullah II mendapat atensi warganet. Banjir yang disebutkan terjadi di Perumahan Graha Indah Jalan Raya Cimindi, Cimahi, Jawa Barat tersebut menggambarkan derasnya arus selokan.

Di antara banjir tersebut ada truk yang terjebak dengan beberapa orang yang terlihat kesulitan menjalankan kendaraannya.

"Di sini mah emang, udah biasa kalau hujan deras, suka banjir," kata Aminah, pedagang kios baju, di pinggiran Jalan Amir Mahmud, Cimahi, saat ditemui, di kiosnya, Jumat (17/4/2020).

Aminah menuturkan, banjir disebabkan adanya kiriman air dari kawasan Lembang atau dari Sungai Citepus. Meski terbilang selokan cukup besar dengan lebar lebih dari lima meter serta ketinggian lenih dari enam meter, banyaknya sampah disuga jadi penyebab banjir.

"Kemarin mah air sampai sempet masuk toko. Baju semua di ke atas-atasin. Kalau enggak mah, basah semua. Ini baru beres bersihin lumpur," tutur Aminah.

Pemerintah Kota Cimahi, lanjut Aminah, sempat melakukan pengerukan terhadap gorong-gorong. Namun tetap terjadi banjir.

"Ini gorong-gorongnya udah dalam, tapi tetep banjir. Banyak sampah kayanya," kata dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini