Jangan Beri Stigma Negatif pada ODP Covid-19!

Fathnur Rohman, Okezone · Jum'at 17 April 2020 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 525 2200947 jangan-beri-stigma-negatif-pada-odp-covid-19-f6aqCKbd5o.jpg Ilustrasi ruang isolasi (Foto : Okezone.com)

CIREBON - Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengajak masyarakat Kota Cirebon, Jawa Barat, supaya tidak mengucilkan orang dalam pantauan (ODP) terkait virus corona (Covid-19), yang dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test beberapa waktu lalu.

Eti menjelaskan, situasi yang dialami oleh ODP tersebut tentu tidak diinginkan oleh siapapun. Maka dari itu, ia mengajak masyarakat agar tidak memberikan stigma negatif kepada mereka.

Menurut Eti, para ODP maupun pasien dalam pengawasan (PDP) lainnya di Kota Cirebon, Jawa Barat, sangat membutuhkan suport serta dukungan moral dari masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Sehingga, mereka tetap semangat selama menjalani masa pemantauan, ataupun bisa pulih dan sembuh.

"Kami meminta masyarakat tidak memberikan stigma negatif kepada orang-orang dalam pengawasan. Mengingat, mereka juga tetap membutuhkan dukungan agar bisa sembuh," kata Eti dalam keterangan yang diterima Okezone, Jumat (17/4/2020).

Para ODP, kata dia, dipastikan akan menjalani pemeriksaan rapid test kedua. Eti berharap agar para ODP itu dinyatakan negatif berdasarkan hasil rapid test.

Eti menceritakan, dirinya sempat menengok kondisi ODP tersebut dengan jarak beberapa meter dari kediaman mereka. Eti sendiri sangat mengapresiasi tindakan ketua RW setempat, yang sudah memberi dukungan dan memenuhi kebutuhan ODP, dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan yang ada.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat khususnya pengurus RW yang turut membantu memenuhi kebutuhan harian mereka,” ujar Eti.

Sementara itu, ketua RW setempat, Sutrisno mengungkapkan, pihaknya memastikan akan tetap memenuhi kebutuhan harian ODP yang dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test itu selama masa isolasi mandiri.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Pasar Takjil Ramadan di Padang Ditiadakan

Selain itu, Sutrisno juga mengaku selalu memproteksi warganya agar tetap aman. Ia pun memberikan pemahaman kepada para warga, bahwa kehadiran Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati adalah sebagai bentuk dukungan moril agar warga tetap tenang menanggapi persoalan Covid-19.

"Masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya tetap kami proteksi. Selain itu, Kebutuhan harian ODP positif versi rapid test kami penuhi," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini