Ribuan Demonstran Turun ke Jalan Tuntut Pemerintah AS Longgarkan Penguncian COVID-19

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 20 April 2020 09:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 18 2201785 ribuan-demonstran-turun-ke-jalan-tuntut-pemerintah-as-longgarkan-penguncian-covid-19-gfm56ahco3.jpg Demonstran di Indiana, 18 April 2020. (Foto: Getty Images)

WASHINGTON – Pengunjuk rasa di beberapa negara bagian di Amerika Serikat (AS) turun ke jalan, menuntut para gubernur membuka kembali perekonomian yang ditutup karena pandemi virus corona (COVID-19).

Diwartakan BBC, demonstrasi di Negara Bagian Arizona, Colorado, Montana dan Washington akan digelar pada Minggu (19/4/2020) waktu setempat, menyusul unjuk rasa yang telah digelar sebelumnya di sedikitnya enam negara bagian lain. Presiden Donald Trump yang ingin segera kembali membuka ekonomi AS telah mengisyaratkan dukungan bagi demonstrasi-demonstrasi tersebut.

AS adalah pusat dari krisis Covid-19, dengan lebih dari 735.000 kasus dan sekitar 40.000 kematian. Namun, dalam sepekan terakhir ada tanda-tanda wabah telah mencapai puncaknya dan bahwa tingkat infeksi melambat di beberapa negara bagian.

Setelah menjalani penguncian selama beberapa pekan, perkembangan itu menumbuhkan desakan untuk pelonggaran pembatasan agar perekonomian kembali bergerak, meski ada risiko peningkatan kembali wabah Covid-19.

Gubernur di beberapa negara bagian telah memulai diskusi untuk merencanakan pembukaan kembali di tengah tanda-tanda perlambatan, tetapi daerah lain tetap di bawah penguncian yang ketat.

Presiden Trump tampaknya mendukung protes terhadap tindakan penguncian yang ketat. Pada Jumat dia mengatakan bahwa perintah di Minnesota, Michigan dan Virginia "terlalu ketat".

Demonstrasi yang disebut dengan nama "Operasi Gridlock" itu didukung oleh kelompok-kelompok condong libertarian, diperkirakan menarik sebanyak beberapa ratus orang ke ibu kota negara bagian di Denver, Colorado dan Phoenix, Arizona pada Minggu.

Di Denver, pengunjuk rasa telah turun ke ibu kota negara bagian untuk berdemonstrasi menentang perintah sosial jarak jauh yang diberlakukan. Media lokal melaporkan, puluhan mobil mengelilingi gedung parlemen negara bagian sementara sekira 200 orang berkumpul di halaman, mengangkat plakat dan bendera.

Pada Sabtu (18/4/2020), para demonstran menyebabkan kemacetan di jalan-jalan Annapolis, Maryland, membunyikan klakson mobil sebagai protes terhadap tindakan penguncian. Lebih dari 200 orang berkumpul di luar kediaman gubernur Indiana, sementara sekira 200 orang berkumpul di Austin, Texas.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini