16 Imam dan Marbot Masjid di Balikpapan Diberhentikan Imbas Corona

Amir Sarifudin , Okezone · Rabu 22 April 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 340 2203100 16-imam-dan-marbot-masjid-di-balikpapan-diberhentikan-imbas-corona-JmUll5c4uV.png Masjid Al Wustho Balikpapan. (Foto: Google Maps/Rifqi Khairul)

BALIKPAPAN - Virus corona (Covid-19) di Balikpapan berimplikasi pada peniadaan Salat Jumat sejak sebulan terakhir. Terdapat 16 masjid yang memberhentikan imam dan kaum masjid (marbot). Pasalnya, masjid tidak lagi ada pemasukan infak di kotak amal.

"Ini yang paling menyedihkan, ada 16 masjid yang berhentikan imam dan kaum masjid karena sudah tidak mampu, tidak salat tidak ada pemasukan," kata Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Balikpapan Salahuddin Siregar,  Rabu (22/4/2020). 

Masalah tidak hanya terjadi pada masjid kecil, tapi masjid besar juga mengalami penipisan keuangan. Salah satunya Masjid Al Wustho, Balikpapan Tengah yang pernah dikunjungi dan disalati Presiden Soekarno di eranya. 

"Di Karang Jati itu Allah Wustho itu juga menipis. Dilematis memang, mestinya pemerintah kota harus bijak. Kan  pengelolaan zakat Baznas dan lembaga zakat lain melakukan upaya penanganan semestinya kepada mereka yang terdampak,” ujar Salahuddin.

Baca juga: Viral Anak Yatim Piatu Kelaparan di Muara Enim: "Pak, Ada Nasi?"

Laporan ini sudah diterima sejak sepekan lalu, dari pengurus masjid di Balikpapan. "Sudah seminggu lalu. Tapi masjid laporan dulu ke kita tapi kita juga tidak bisa jawab karena kita pun terdampak, " ucapnya. 

Infografis Okezone

"Ada Karang Rejo terdapat 4 masjid, Balikpapan Timur 6 masjid dan Kampung Batu dan Balikpapan Utara. Memang ada yang urun rembuk warga yang mampu dermawan dengan pengurus masjid, tapi ini tidak lama bertahan kalau ini berlanjut. Mudah-mudahan tidak," Katanya. 

Salahuddin mengatakan, honor bagi imam masjid tersebut berkisar antara Rp2 juta hingga Rp3 juta per bulan, tergantung besar masjid.

“Ini analisa saya, jumlah masjid yang merumahkan sementara bisa bertambah, sebelum ini juga bnayak masjid yang tidak mampu bayar khatib Jumat," ucapnya. 

Sementara Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, pihaknya masih  fokus pada surat edaran yang mengimbau untuk meniadakan kegiatan di masjid pada Ramadan.

" Kita fokus ke edaran dulu jangan dibentur-benturkan ya," ujarnya.

(qlh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini