Angka Kemiskinan di Banten Diprediksi Meningkat Imbas Wabah Corona

Muhammad Rosyadi, Okezone · Selasa 28 April 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 340 2206020 angka-kemiskinan-di-banten-diprediksi-meningkat-imbas-wabah-corona-wXm2ETZlJm.JPG ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

SERANG - Dampak wabah virus corona atau Covid-19 diprediksi akan menambah angka kemiskinan di Provinsi Banten. Daerah paling terdampak berada di wilayah perkotaan seperti di Tangerang Raya.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Banten, Adhi Wiriana mengungkapkan, persentase kemiskinan pada bulan April ini akan naik menembus angka 7-8 persen dari data sebelumnya pada bulan September 2019 lalu. Di mana persentase adalah 4,94 persen atau 641,42 ribu jiwa.

"Secara umum dengan tingkat kemiskinan September 2019 4,94 persen mungkin akan naik ke angka 7-8 persen atau sekitar 908 ribu jiwa. Karena paling berdampak sebenarnya yang tinggal di wilayah perkotaan, terutama di Tangerang Raya," kata Adhi kepada wartawan, Selasa (28/4/2020).

Dijelaskan Adhi, terjadinya peningkatan kemiskinan di wilayah perkotaan, karena banyaknya tenaga kerja harian yang tak bisa lagi bekerja untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari akibat corona. "Seperti (yang terdampak) di sektor transportasi, perdagangan, maupun pariwisata," ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya bantuan dari pemerintah sebesar Rp600 per bulan yang akan diberikan selama tiga bulan tidak menjamin masyarakat di perkotaan akan mampu bertahan hidup.

ilustrasi

"Karena bantuan Rp600 ribu hanya untuk Jaring Pengaman Sosial, lebih ke bertahan hidup. Hidup di sekitar garis kemiskinan," ujarnya.

BPS memprediksi di pedesaan juga akan terkena dampak. Meski, dampaknya tidak terlalu besar terasa. Terlebih saat ini petani sedang memasuki musim panen sehingga memiliki pemasukan yang baik.

"Kemiskinan di pedesaan berpengaruh tetapi tidak terlalu besar karena saat ini masih musim panen padi. Hasil pertanian harganya sedang bagus seperti holtikultura cabai, bawang. (Sementara) sayur jadi tidak terlalu bagus," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini