Kim Jong-un Masih Menghilang, Pompeo: AS Belum Melihatnya Belakangan Ini

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 30 April 2020 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 18 2207030 kim-jong-un-masih-menghilang-pompeo-as-belum-melihatnya-belakangan-ini-Hv80HnTs4E.jpg Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: Rodong Sinmum)

WASHINGTON – Pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan "belum melihat" Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un belakangan ini dan terus mengamati laporan tentang kesehatannya dengan seksama, demikian disampaikan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.

"Kami belum melihatnya. Kami tidak memiliki informasi untuk dilaporkan hari ini, kami memperhatikannya dengan seksama,” kata Pompeo menjawab pertanyaan Fox News pada Rabu (29/4/2020).

Dia juga menyatakan keprihatinan bahwa negara tertutup itu bisa terkena dampak dari wabah virus corona atau kelaparan.

"Ada risiko nyata bahwa akan ada kelaparan, kekurangan makanan, di dalam Korea Utara juga," tambahnya.

"Kami memperhatikan setiap hal itu dengan cermat, karena mereka memiliki dampak nyata pada set misi kami, yang tujuan akhirnya denuklirisasi Korea Utara," kata menteri luar negeri itu.

Kim Jong-un terakhir muncul di media pemerintah pada 12 April, dan memicu spekulasi bahwa dia sakit parah. Namun para pejabat di Korea Selatan kemudian mengatakan laporan seperti itu tidak benar.

Ada juga dugaan bahwa dia mungkin tinggal di resor tepi laut, Wonsan untuk melindungi dirinya dari kemungkinan terpapar virus corona.

Korea Utara telah menutup perbatasannya pada akhir Januari karena pandemi global itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini