4.000 Paket Sembako Disalurkan ke Pulau-Pulau di Sumenep

Syaiful Islam, Okezone · Jum'at 01 Mei 2020 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 519 2207827 4-000-paket-sembako-disalurkan-ke-pulau-pulau-di-sumenep-coNZL5tbH8.jpg 4.00 paket sembako bakal dibagikan untuk warga Sumenep (Foto : Okezone.com/Syaiful)

SURABAYA - Sebanyak 4.000 paket sembako dan sejumlah peralatan medis disalurkan ke Pulau Ra'as, Pulau Kangean dan Pulau Sapeken di Kabupaten Sumenep, Madura oleh pemprov Jatim. Bantuan tersebut disalurkan menggunakan Kapal Perang KRI Teluk Ende-517.

Kapal perang ini berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (30/4/2020) malam. Perjalanan kapal laut diperkirakan memakan waktu kurang lebih 17 jam. Paket sembako yang disalurkan berisi beras, gula, roti, mi instan, telur, kecap dan kripik.

Sedangkan peralatan medis yang dikirim meliputi alat pelindung diri (APD), rapid test, thermal gun, face shield, masker medis, dan sarung tangan. Pemprov Jatim juga menyertakan bantuan untuk kecamatan berupa hand sanitizer, alkohol, sprayer, masker dan desinfektan.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, bantuan ini untuk memastikan masyarakat kepulauan juga terlayani ditengah situasi darurat Covid-19. Sumenep adalah daerah yang memiliki banyak pulau kecil yang terpisah dari Madura.

"Sedikitnya 48 pulau berpenghuni dan 78 pulau tidak berpenghuni di Sumenep. Transportasi antar pulau kebanyakan menggunakan kapal layar motor," terang Khofifah, Jumat (1/5/2020).

Baca Juga : 18 Tahun Bekerja Berujung PHK, Hak Karyawan Pun Tak Jelas

Kondisi ini menjadi kendala utama dalam penyaluran bantuan. Kemudian Pemprov Jawa Timur menggandeng Koarmada II untuk membantu pengantaran bantuan menggunakan kapal perang.

"Tidak mungkin bantuan sebanyak itu menggunakan kapal penyeberangan penumpang. Akhirnya kami putuskan untuk menggunakan kapal perang. Kami berharap bantuan tersebut bisa maksimal digunakan, khususnya oleh masyarakat kepulauan terdampak Covid-19," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini