Travel Gelap Angkut Pemudik, Patok Harga Rp800 Ribu Sekali Jalan

CDB Yudistira, Okezone · Minggu 03 Mei 2020 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 03 525 2208519 travel-gelap-angkut-pemudik-patok-harga-rp800-ribu-sekali-jalan-fxFH0MXhy3.jpg Razia pemudik di exit Tol Cileunyi (Istimewa)

BANDUNG - Dua mobil minibus travel ilegal terjaring razia pemudik di exit Tol Cileunyi yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Bandung, Minggu (3/5/2020). Dua mobil itu diduga membawa pemudik dari Jakarta dan Bekasi.

Mobil Nissan Grand Livina mengangkut tiga penumpang dari Bekasi dengan tujuan ke Sumedang. Kemudian mobil Toyota Calya yang mengangkut dua penumpang dari Jakarta dengan tujuan Tasikmalaya.

"Tadi siang, kita hentikan dua kendaraan yang dijadikan travel gelap. Keduanya kendaraan itu berasal dari Bekasi dan Jakarta," kata Kasat Lantas Polresta Bandung, AKP Haby Ristama saat dikonfirmasi.

Polisi memeriksa dua pengemudi dan para penumpangnnya. Dari hasil pemeriksaan, diketahui pengemudi mematok harga Rp800 ribu per orang untuk sampai ke tempat tujuan.

 ilustrasi

Mobil travel itu menggunakan jalan tol untuk sampai ke Bandung. Setelah sempat lolos pemeriksaan sebelumnya, kedua minibus akhirnya terjaring razia di pos penyekatan Cileunyi.

Hasby mengatakan, pihaknya tidak menahan pengemudi dan penumpang tersebut. Hanya mobilnya yang ditilang.

"Pelanggar dikenakan Pasal 308 huruf a, b dan d tentang Undang-undang Lalulintas Angkutan Jalan. Sedangkan untuk kendaraan barang yang mengakut orang akan kita kenakan pasal 303 UULAJ. Kita tindak dengan penilangan," kata dia.

Untuk antisiapasi adanya pemudik yang nakal, Hasby mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan selama 24 jam. Pengawasan itu diberlakukan, di 17 titik check point Kabupaten Bandung.

"Kita himbau masyarakat untuk tidak mudik juga yah, kasian keluarga di kampung," kata dia.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini