5.321 Warga Kulonprogo Terima BLT Dana Desa

Kuntadi, Koran SI · Selasa 05 Mei 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 510 2209343 5-321-warga-kulonprogo-terima-blt-dana-desa-PNZnGfuTpw.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

KULONPROGO - Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga terdampak Covid-19. Bantuan ini diberikan kepada 5.321 kepala keluarga yang berasal dari dana desa.

“Ada 5.321 penerima BLT yang tersebar di 87 kalurahan (desa),” tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kulonprogo, Sudarmanto, Selasa (5/5/2020).

Pemkab Kulonprogo salurkan BLT Dana Desa (Foto : iNews/Kuntadi)

Secara simbolis bantuan ini sudah diserahkan oleh Bupati Kulonprogo, Sutedjo kepada perwakilan penerima pada Senin (4/5/2020) kemarin. Bantuan ini diberikan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19. Selama tiga bulan mulai April sampai dengan Juni, akan mendapatkan bantuan yang nilainya Rp600 ribu per bulan. Dana akan langsung ditransfer ke rekening penerima di Bank BPD DIY.

“Jadi penyalurannya tidak langsung tetapi ditransfer ke rekening,” kata Sudarmanto.

Sudarmanto berharap dana ini bisa tepat sasaran. Sebelumnya untuk menetapkan calon penerima telah dilakukan musyawarah tingkat kalurahan. Harapannya mereka yang menerima benar-benar valid dan tidak ada duplikasi bantuan.

Baca Juga : Istana Berduka atas Meninggalnya Didi Kempot

“Jadi penyerahan selajutnya, teknisnya dilakukan oleh setiap kalurahan kepada penerima manfaat,” tuturnya.

Sementara untuk Kelurahan Wates, kata dia, hingga kini belum ada keputusan. Nantinya tetap akan diberikan BLT dengan bersumber dana dari APBD Kabupaten. Sebab kelurahan tidak mendapatkan alokasi dana desa.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini