Trump Nyatakan AS Tak Terlibat dalam Serangan Tentara Bayaran ke Venezuela

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 06 Mei 2020 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 18 2209879 trump-nyatakan-as-tak-terlibat-dalam-serangan-tentara-bayaran-ke-venezuela-lo9gkgmHJY.jpg Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Donald Trump pada Selasa (5/5/2020) membantah keterlibatan pemerintah Amerika Serikat (AS) dalam apa yang disebut Caracas sebagai serangan bersenjata yang gagal ke Venezuela, yang menyebabkan penangkapan dua "tentara bayaran" Amerika.

Komentar itu disampaikan Trump kepada wartawan di Gedung Putih setelah Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada Senin (4/5/2020) mengatakan bahwa pihak berwenang negara itu telah menahan dua warga AS yang dikatakan terlibat dalam serangan tersebut. Seorang veteran militer AS juga telah mengklaim bertanggung jawab atas operasi yang gagal tersebut.

"Kami akan mencari tahu. Kami baru saja mendengarnya,” kata Trump ketika ditanya tentang insiden itu dan penangkapan dua orang Amerika. "Tapi itu tidak ada hubungannya dengan pemerintah kita,” tambahnya sebagaimana dilansir Reuters.

Dalam pidato televisi pemerintah, Maduro mengatakan bahwa pada Senin pihak berwenang menangkap 13 "teroris" yang terlibat dalam serangan yang dilakukan melalui pantai itu. Pihak berwenang Venezuela mengatakan delapan orang tewas dalam upaya serangan pada Minggu (3/5/2020).

Senada dengan Trump, Departemen Luar Negeri AS juga menyatakan juga membantah terlibat dalam serangan tersebut dan menuduh pemerintah Maduro mengumumkan detail yang dipertanyakan dari serangan tersebut. Departemen itu mengatakan bahwa mereka menolak keterangan Maduro tersebut secara nominal dan mencari lebih banyak informasi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini