Bayi Berusia 7 Bulan Terkonfirmasi Positif Corona

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 19 Mei 2020 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 519 2216415 bayi-berusia-7-bulan-terkonfirmasi-positif-corona-PqDjXmMBxk.jpg Ilustrasi

PASURUAN - Seorang bayi berusia 7 bulan di Kabupaten Pasuruan terkonfirmasi positif corona dan terpaksa dievakuasi ke rumah sakit.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya membenarkan bila ada tambahan pasien positif corona dari seorang bayi dengan usia 7 bulan.

"Iya benar, bayi tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil tes swabnya keluar pada Senin sore kemarin," ujar Anang Saiful saat dikonfirmasi, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, bayi tersebut awalnya merupakan pasien yang sedang kontrol di RSUD dr. Soedarsono Kota Pasuruan. Namun belakangan dalam seminggu terakhir sang bayi justru mengalami gejala batuk - batuk, pilek, hingga sesak napas.

"Selama pemeriksaan ini langsung di-swab test tanpa rapid test karena terindikasi adanya infeksi virus," tuturnya.

Namun hasil laboratorium swab test baru keluar Senin sore, saat pihak keluarganya pada Senin pagi membawa kontrol ke rumah sakitnya. Sehingga setelah kontrol tersebut pihak keluarga kembali membawa pulang, namun diketahui hasil swabnya baru keluar pada sorenya dengan hasil positif corona.

Alhasil bayi berusia 7 bulan ini terpaksa dievakuasi dari rumahnya oleh petugas medis dari RSUD Bangil setelah adanya laporan dari RSUD dr. Soedarsono Kota Pasuruan.

"Bayi tersebut masih menjalani isolasi di RSUD Bangil. Nanti akan diputuskan apakah yang bersangkutan tetap dirawat di rumah sakit atau isolasi mandiri di rumah," terang Anang.

Pihaknya sendiri masih melakukan pelacakan terhadap pihak keluarga dan sejumlah pihak yang memiliki kontak erat dengan bayi berusia 7 bulan ini.

Baca Juga : Pemprov Jatim Cabut Izin Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

Di Kabupaten Pasuruan sendiri hingga Selasa 19 Mei 2020 berdasarkan data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19, terdapat 57 pasien terkonfirmasi positif corona, delapan di antaranya dinyatakan sembuh.

Sedangkan 121 orang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) dan 267 orang dalam pemantauan (ODP).

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini