3.400 KK Terima Bansos Corona, Seorang Ibu Pingsan saat Mengantre

Amir Sarifudin , Okezone · Rabu 20 Mei 2020 13:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 20 340 2216995 3-400-kk-terima-bansos-corona-seorang-ibu-pingsan-saat-mengantre-N67t2vsG4f.jpg Warga mengantre untuk terima bansos tunai Covid-19 di Kantor Pos Balikpapan (Okezone.com/Amir)

BALIKPAPAN — Sekitar 3.400 kepala keluarga dari golongan tidak mampu Kota Balikapapan, Kalimantan Timur menerima bantuan sosial tunai (BST) terkait pandemi Covid-19. Ada 4 lokasi pencairan yakni Kantor Pos Balikpapan, Batu Ampar, Karang Joang dan Kantor Kecamatan Balikpapan Utara.

Di kantor Pos Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Kota ada 1.344 keluarga miskin kota Balikpapan yang melakukan pencairan. Masing-masing mereka mendapat bansos Rp600.000 per kepala keluarga.

Pantauan Okezone, mereka datang sejak pukul 08.00 Wita mulai mengantre sesuai jadwal, Rabu (20/5/2020). Mereka tetap diminta tertib sesuai protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mengenakan masker dan pemeriksaan suhu tubuh.

Untuk penerima bansos tunai lanjut usia disediakan tiga tenda besar dan kursi. Tak ada antrean panjang, tapi seorang perempuan paruh baya sempat pingsan saat mengantre diduga kelelahan. Perempuan itu langsung dibawa ke Kantor PMI Balikpaapn yang berada di seberang Kantor Pos, Jalan Jenderal Sudirman.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menilai antrean warga tertib. “Di sini masih lancar kita bisa lihat sendiri. Mudahan lancar karena udara agak panas,” ucap Rizal Effendi saat meninjau proses pembagian bansos.Ilustrasi

Rizal berpesan bansos tunai Rp600 ribu per bulan agar digunakan sebaik-baiknya. “Uang bisa untuk sambut Lebaran, kita ingatkan jangan dipakai berlebihan walaupun jumlah pasti kurang, tapi mereka bisa tenang hadapi lebaran,” tuturnya.

Kepala Kantor Pos Balikpapan Taufik Dadi mengatakan hari ini terdapat 4 titik untuk pencairan BST yakni kantor pos Balikappan, kantor Kecamatan Balikpapan Utara, ruang pertemuan Kelurahan Graha Indah dan Kelurahan Karang Joang.

Ada 8 kelurahan yang dibagikan untuk BST yakni Prapatan, Klandasan Ulu, Ilir, Telaga sari, Gunung Sari Ilir dan Gunung Sari Ulu, Graha Indah, Batu ampar dan Karang Joang.

“Hari ini dibagikan 8 kelurahan dengan total 1.344 KK di Kantor Pos Balikappan kalau 4 titik itu 3400 KK,”terang Taufik.

Penerima membawa undangan, KK dan KTP asli, lalu yang bersangkutan antre untuk registrasi nominasi , kemudian tandangan dan dibayarkan. “Bayar cepat tapi kan menunggu yang lama,” tuturnya.

Seorang penerima Suhartini (70) warga Rt 12 Klandasan Ulu mengaku baru tahun ini menerima BST dari pusat. dia termasuk warga yang masuk dalam data pembaruan. "Ya baru tahun ini dapat.. sebelum belum pernah. Nanti uangnya mau buat beli sembako kemarin dapat hanya satu aja beras aja dari pemko. pakai telur apa lain nggak dapat," tuturnya.

Rencananya pencairan BST kota Balikpapan akan berlansung selama 4 hari kedepan.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini