Irak Tangkap Abdulnasser al Qirdash, Suksesor Pemimpin ISIS

Rachmat Fahzry, Okezone · Jum'at 22 Mei 2020 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 22 18 2217908 irak-tangkap-abdulnasser-al-qirdash-suksesor-pemimpin-isis-rfeBtynHzr.jpg Abdulnasser al Qirdash. (Foto/Al Arabiya)

BAGHDAD - Intelejen Irak menangkap Abdulnasser al-Qirdash, suksesor pengganti Abu Bakar al-Baghdadi mantan pemimpin ISIS yang tewas dalam penggerebekan militer AS. 

"Hari ini, teroris bernama Abdulnasser al-Qirdash, kandidat untuk menggantikan penjahat al-Baghdadi, ditangkap. [Penangkapan] dilakukan setelah adanya informasi intelijen yang akurat,” kata pernyataan dari Badan Intelijen Nasional Irak mengutip Al Arabiya, Jumat (22/5/2020). 

Al-Qirdash adalah salah satu kandidat untuk menggantikan al-Baghdadi, yang dibunuh oleh pasukan AS dalam serangan di kota Idlib, Suriah pada Oktober tahun lalu. 

Serangan terbaru yang mengarah pada penangkapan dan penangkapan al-Qirdash terjadi sebulan setelah Mustafa al-Kadhimi, mantan kepala intelijen Irak, menjadi perdana menteri negara itu. 

Al-Qirdash menjabat sebagai ketua komite negosiasi ISIS. Dia juga bekerja dengan organisasi teroris itu sebagai pemimpin selama masa Abu Musab al-Zarqawi. 

Baru-baru ini, al-Qirdash bertanggung jawab atas pertempuran al-Baghouz di Suriah, sebuah kota kecil di provinsi Deir ez-Zor yang dekat dengan perbatasan Irak dan benteng terakhir ISIS. 

Berbicara kepada Al Arabiya, al-Qirdash menegaskan bahwa kepemimpinan ISIS, atas permintaan al-Baghdadi, mengevaluasi kembali ide-ide kelompok teroris setelah dalam beberapa tahun terakhir mulai kehilangan wilayah kekuasaannya. 

"Ada evaluasi ulang besar-besaran dari Negara Islam (ISIS) setelah kehilangan wilayah yang luas termasuk Kobani dan banyak daerah lainnya. Kami bertiga, saya sendiri, Omar al-Furkan dan Ayoub Rakawi, yang duduk bersama pimpinan untuk meninjau kembali langkah-langkah kami,” kata al-Qirdash kepada Al Arabiya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini