nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Musnahkan Ribuan Miras & Narkoba Hasil Razia Pekat Selama Ramadan

Mulyana, Okezone · Jum'at 22 Mei 2020 15:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 22 525 2218100 polisi-musnahkan-ribuan-miras-narkoba-hasil-razia-pekat-selama-ramadan-P1wWxFokPw.jpg Pemusnahan miras (foto: Okezone.com/Mulyana)

PURWAKARTA - Ribuan botol miras berbagai merek, hasil sitaan jajaran Satres Narkoba Polres Purwakarta, dimusnahkan pada H-2 lebaran 2020. Selain miras botolan, ratusan liter ciu, tuak hingga minuman ginseng berbahaya juga turut dimusnahkan. Pemusnahan itu, disaksikan oleh unsur Muspida dan Ketua MUI setempat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, pihaknya turut mendukung jajaran kepolisian dalam memberantas peredaran minuman keras. Mengingat, dampak negatif dari minuman tersebut cukup berbahaya. Salah satunya, sudah sering terdengar kasus kematian sia-sia akibat mengkonsumsi miras oplosan.

"Makanya kami sangat mendukung jajaran kepolisian, TNI dan juga dari pemkab dalah hal ini Sat Pol PP untuk memberantas miras," ujar Anne kapada Okezone, Jumat (22/5/2020).

 pemusnahan miras

Apalagi, sambung Anne, Purwakarta sudah memiliki peraturan daerah (Perda) terkait dengan penyakit masyarakat tersebut. Sehingga, operasi pemberantasan miras ini, merupakan penegakkan regulasi tersebut.

Karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya gerakan operasi (razia) miras tersebut. Bahkan, operasi ini jangan sampai terhenti setelah lebaran. Harus kontinyu dilakukan. Sebab, dampak negatif dari miras ini sangat buruk. Terutama, bagi generasi muda.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan, menuturkan, dalam pemusnahan kali ini, terdiri dari 4.500 botol miras berbagai merk. 500 liter ciu. 200 liter tuak dan 600 liter minuman ginseng.

"Minuman ginseng ini sangat berbahaya. Karena, itu minuman racikan yang tidak tercatat zat apa saja yang terkandung dalam cairan itu," ujar Indra.

Selain miras dan minuman berbahaya lainnya, ada 21 ribu butir obat terlarang dan 4,2 kilogram ganja turut dimusnahkan. Pemusnahannya, ada yang dibakar yaitu untuk obat-obatan. Serta, dihancurkan dengan menggunakan alat berat.

"Barang bukti yang kita musnahkan hari ini, merupakan hasil razia penyakit masyarakat selama bulan puasa," jelas Indra.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini