Cegah Covid-19, Presiden El Salvador Akui Gunakan Obat Malaria yang Dipromosikan Trump

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 27 Mei 2020 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 27 18 2220389 cegah-covid-19-presiden-el-salvador-akui-gunakan-obat-malaria-yang-dipromosikan-trump-B7vXCT7VCE.jpg Presiden El Salvador, Nayib Bukele. (Foto: Reuters)

SAN SALVADOR - Presiden El Salvador Nayib Bukele pada Selasa (26/5/2020) mengatakan bahwa dia menggunakan obat antimalaria hidroklorokuin yang dipromosikan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menangkal virus corona baru, meski ada peringatan dari para ahli mengenai risiko terhadap kesehatan.

Bukele mengklaim bahwa banyak pemimpin dunia lain juga menggunakan obat itu sebagai pencegahan terhadap Covid-19.

Kepada wartawan, Bukele mengatakan bahwa El Salvador tidak lagi mempromosikan hidroklorokuin sebagai pengobatan Covid-19, mengikuti rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Meski begitu, pasien yang ingin mengonsumsi obat itu sebagai pencegahan masih bisa mendapatkannya jika mereka menginginkan.

"Saya menggunakannya sebagai profilaksis (pencegahan), Presiden Trump menggunakannya sebagai profilaksis, sebagian besar pemimpin dunia menggunakannya sebagai profilaksis," kata Bukele sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (27/5/2020).

Presiden berusia 38 tahun itu telah memberlakukan respons ketat guna mencegah penyebaran virus corona, termasuk dengan memperpanjang darurat nasional tanpa persetujuan kongres, yang membuatnya dikritik karena mengambil langkah otoriter dan melampaui kekuasaan.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini