Ratusan Petugas Disebar ke Pusat Keramaian Kawal Penerapan New Normal di Tangerang

Muhammad Rosyadi, Okezone · Rabu 27 Mei 2020 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 340 2220318 ratusan-petugas-disebar-ke-pusat-keramaian-kawal-penerapan-new-normal-di-tangerang-n1l5T80736.jpg Personel TNI berjaga di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa 26 Mei 2020. (Foto : Okezone.com/Arif Julianto)

SERANG – Pemerintah akan menerapkan new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi virus corona (Covid-19) di Kabupaten Tangerang. Ratusan petugas gabungan akan dikerahkan ke titik keramaian untuk mengawal penerapan new normal tersebut.

"Polda Banten sudah merumuskan konsep peningkatan pengamanan PSBB Kabupaten Tangerang, dengan melibatkan personel TNI, Polri, Satpol PP dan Dinkes ke titik-titik keramaian masyarakat," ujar Kepala Bidang Humas Polda Banten, Kombes Edy Sumardi saat dikonfirmasi, Rabu (27/5/2020).

Ia mengungkapkan, sebanyak 889 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengawal penerapan new normal. Rinciannya, 535 anggota Polri, 200 anggota TNI, dan 150 dari Satuan Polisi Pamong Praja.

Personel tersebut akan disebar ke titik keramaian, seperti mal, pasar modern, pasar tradisional, rumah makan, stasiun kereta, hotel terminal, bahkan objek wisata. Petugas akan memastikan masyarakat mematuhi protokol kesehatan di antaranya mengenai penggunaan masker dan menjaga jarak fisik.

Mal di Jakarta Buka Lagi Tanggal 5 Juni, Ini Daftarnya

"Personel itu sebenarnya sudah dikerahkan sejak Operasi Ketupat Kalimaya dan operasi terkait penanganan Covid-19. Namun, dengan akan diterapkannya new normal personel juga akan memastikan protokol kesehatan diterapkan," kata Edy.

Edy mengajak masyarakat selalu mengikuti protokol kesehatan sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 dan memutus penyebarannya.

"Dengan kehadiran personel TNI-Polri di ruang publik, diharapkan masyarakat lebih tertib dan taat dalam mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona," ucap Edy.

Edy Sumardi menghimbau seluruh elemen masyarakat dapat bekerja sama membantu kebijakan pemerintah untuk mengikuti segala aturan yang diterapkan selama penerapan new normal.


Baca Juga : DPRD DKI: Masyarakat Jakarta Harus Siap Jalani New Normal

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Tangerang menjadi wilayah yang menerapkan new normal bersama 25 kabupaten/kota lainnya. Penerapan tersebut untuk mendisiplinkan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan demi menuju kondisi new normal.


Baca Juga : Pakar Kesehatan Kritisi Kebijakan New Normal

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini