Kanada Akan Mengubah Regulasi Penyedia Konten

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Minggu 31 Mei 2020 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 31 18 2222547 kanada-akan-mengubah-regulasi-penyedia-konten-Hm1OpXXNYn.jpg Ilustrasi Okezone

JAKARTA - The Broadcasting and Telecommunications Legislative Review Panel (BTLR) merekomendasikan kepada pemerintah Kanada untuk mereview ulang kebijakan mereka terhadap penyedia konten di negara tersebut.

Ada empat penyedia konten, seperti Netflix, Spotify, Apple dan Amazon yang akan dipaksa untuk membuat dan menampilkan konten lokal, dan membayar pajak penjualan.

Setelah satu setengah tahun penelitian, BLTR mengeluarkan hampir 100 rekomendasi untuk memodernisasi lanskap penyiaran dan komunikasi Kanada, di tengah perluasan streaming digital dan akses berita global secara masif.

Dengan demikian, maka Canadian Broadcasting Corporation (CDC) tidak lagi perlu mencari iklan selama lima tahun ke depan, dan hanya mengandalkan dana lebih dari USD1 miliar yang didapatnya dari para pembayar pajak.

Dengan demikian, maka CDC bisa menjadi lembaga media publik dengan fokus tunggal, untuk melayani publik dan tidak lagi mengejar tujuan komersial.

"Fokusnya mencari iklan menempatkannya langsung pada jalur, sehingga bertabrakan dengan swasta dan bahkan media cetak, karena semuanya mengejar pendapatan dari iklan tradisional dan bersaing dengan operator asing raksasa untuk bisnis online," tutur BLTR

dalam rekomendasinya seperti dilansir dari Globalnews.

"Dengan Mengurangi ketergantungan CBC pada iklan yang semakin menipis, maka dapat memberikan ruang bernafas yang berguna bagi perusahaan swasta lainnya," lanjut laporan tersebut.

BTLR juga meminta penyedia konten streaming raksasa memprioritaskan konten Kanada di platform mereka, dan meminta Komisi Telekomunikasi Radio-televisi Kanada (CRTC) diberikan kemampuan baru untuk mengawasi raksasa itu.

"Ini mungkin akan membantu industri Kanada dan mempertahankan tenaga kerjaan di Kanada, tetapi kami tidak tahu seberapa besar. Reaksi penyedia asing akan menjadi kunci, dan saya tidak tahu apa yang akan mereka katakan tentang ini," kata John Lawford, executive director Public Interest Advocacy Centre.

Doug Murphy, presiden dan CEO Corus Entertainment, mengatakan bahwa perusahaan media masih menunggu laporan dan berencana untuk melihat lebih jelas detail aturan tersebut. "Kami senang dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh BLTR dan memuji tindakan segera mereka," kata Murphy.

“Kami telah lama prihatin dengan beban regulasi yang tidak semestinya dihadapi oleh penyiar Kanada versus penyiar internet asing, dan kami berharap bahwa pemerintah akan bergerak maju dengan menciptakan lingkungan kompetitif yang lebih adil," tambah dia.

Menteri Warisan Budaya Kanada Steven Guilbeault dan Menteri Inovasi Navdeep Bains mengeluarkan pernyataan bersama setelah BLTR mengeluarkan rekomendasinya, mereka berterima kasih kepada BLTR atas rekomendasinya.

"Kami akan mempertimbangkan masing-masing rekomendasi panel dengan hati-hati, dan bertindak secepat mungkin untuk memodernisasi kerangka kerja legislatif Kanada di sektor penyiaran dan telekomunikasi," tutur mereka.

"Reformasi diperlukan untuk menyamakan kedudukan di mana penyiar konvensional dan perusahaan media digital bersaing. Prioritas kami adalah untuk memastikan bahwa semua perusahaan media yang beroperasi di Kanada mengembangkan konten Kanada, dan berkontribusi pada sistem Kanada," jelas mereka.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini