Seekor Gajah Hamil Mati karena Buah Berisi Petasan, Timbulkan Kemarahan di India

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 04 Juni 2020 16:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 04 18 2224569 seekor-gajah-hamil-mati-karena-buah-berisi-petasan-timbulkan-kemarahan-di-india-1zWKKd519s.jpg Foto: Reuters.

KOCHI - Seekor gajah hamil di India mati setelah diduga makan beberapa buah-buahan berisi petasan yang meledak di mulutnya. Insiden itu mendorong digelarnya penyelidikan kriminal terhadap dugaan kekejaman terhadap hewan.

Kejadian itu memunculkan kemarahan di media sosial setelah seorang petugas kehutanan Mohan Krishnan, mem-posting permintaan maaf yang emosional kepada gajah itu Sabtu pada (30/5/2020). Khrisnan mengatakan hewan itu mati karena makan nanas atau buah lain yang diisi dengan petasan.

"Maaf, saudari," tulis Krishnan, yang menyaksikan kematian gajah itu di sebuah posting Facebook.

"Dengan mulut dan lidahnya hancur dalam ledakan itu, dia mondar-mandir lapar tanpa bisa makan. Dia pasti lebih khawatir tentang kesehatan anak di dalam dirinya daripada tentang kelaparannya sendiri."

Para pejabat kehutanan mengatakan insiden itu terjadi pada 23 Mei di Distrik Palakkad, Negara Bagian Kerala di India selatan. Lokasi kejadian berada di dekat tanah pertanian di mana penduduk setempat kadang-kadang menyebarkan buah-buahan yang dibubuhi petasan untuk mencegah hewan-hewan merusak tanaman.

"Kami hanya tahu bahwa cedera (pada gajah) disebabkan oleh beberapa bahan peledak," kata pejabat kehutanan Sunil Kumar sebagaimana dilansir Reuters. Dia mengatakan bahwa para pelaku dapat menghadapi dakwaan kekejaman terhadap hewan yang dapat menyebabkan denda atau bahkan hukuman penjara.

India memiliki populasi gajah Asia terbesar di dunia tetapi mereka diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah.

Insiden konflik manusia-hewan bukan tidak biasa, karena gajah sering tersesat ke pemukiman manusia yang berburu makanan.

Gajah hamil telah berkeliaran di Taman Nasional Silent Valley setempat untuk mencari makanan ketika insiden itu terjadi, kata pejabat kehutanan.

Mereka kemudian menemukan gajah mencoba mendinginkan dirinya di sungai, tetapi ketika penduduk setempat mencoba mengeluarkannya dari air untuk membawanya ke pusat perawatan, hewan itu pingsan dan mati.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini