Kemlu Selidiki Kebenaran Pemuda Indonesia Pukul Roboh Pria Rasis di AS

Agregasi Sindonews.com, · Selasa 09 Juni 2020 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 18 2227079 kemlu-selidiki-kebenaran-pemuda-indonesia-pukul-roboh-pria-rasis-di-as-GdOt7OT352.jpg Perkelahian diduga pemuda Indonesia dan warga AS akibat rasisme (foto/Twitter: @HustllNBA)

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia (WNI) tengah menyelidiki kebenaran informasi yang beredar di media sosial, terkait aksi pemukulan diduga dilakukan pemuda Indonesia terhadap seorang pria hingga terkapar di Amerika Serikat (AS). Video anak muda tersebut menjadi viral di masyarakat kemarin.

Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Judha Nugraha menuturkan perwakilan Indonesia, yang bekerjasama dengan simpul warga Indonesia di AS sedang mencari tahu kebenaran kabar ini.

"Untuk saat ini, semua Perwakilan RI di AS bekerja sama dengan komunitas masyarakat Indonesia sedang mendalami dan mencari konfirmasi mengenai kasus ini," kata Judha pada Selasa (9/6/2020)

Sebelumnya, dalam video yang memperlihatkan seorang pria etnis Asia, yang diserang oleh pemuda kulit putih, di sebuah jalanan, diyakini di Amerika Serikat (AS) telah viral di media sosial. Salah satu posting di Twitter bahkan mengklaim pria yang diserang tersebut adalah mahasiswa asal Indonesia, meski sejauh ini klaim itu belum dapat dikonfirmasi.

Dalam video berdurasi sekira satu menit itu, tampak seorang pria kulit putih memprovokasi seorang pemuda berkemeja hitam. Pria kulit putih yang mengenakan kaos abu-abu itu terdengar melontarkan kata-kata rasis yang mengancam pemuda tersebut.

Pria kulit putih itu maju sempat melontarkan tendangan ke arah lawannya yang terus bergerak mundur, menolak untuk mencoba menenangkannya. Pria dengan kemeja hitam sempat mengeluarkan taser atau penyengat untuk mencegah pria kulit putih itu menyerangnya.

Keduanya akhirnya baku hantam selama beberapa saat dan berakhir setelah pria kulit putih yang memprovokasi roboh terkena pukulan dari lawannya.

Video itu dibagikan di berbagai media sosial, salah satunya menyebutkan bahwa insiden itu terjadi di San Diego, AS. Sementara akun Twitter @henrysubiakto menyebutkan bahwa pria yang mengenakan kemeja itu adalah seorang mahasiswa Indonesia yang berada di AS.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini