Sebelum Jatuh, Mesin Pesawat Tempur Hawk 109 Alami Trouble

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Senin 15 Juni 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 340 2230436 sebelum-jatuh-mesin-pesawat-tempur-hawk-109-alami-trouble-yEzVqldiCg.jpg Lokasi jatuhnya pesawat temput hawk 109 (foto: Okezone.com/Banda)

RIAU - Pesawat tempur Hawk 109 yang diawaki pilot Lettu Apriyanto Ismail jatuh di Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Sesaat sebelum jatuh pesawat Hawk 109 dengan nomor registrasi TT-0209 baru saja melakukan latihan dengan dua pesawat tempur lainnya.

"Saat itu ada tiga pesawat yang baru selesai melaksanakan operasi rutin di kawasan Siabu (Kabupaten Kampar)," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo kepada wartawan, Senin (15/6/2020).

 Baca juga: Korban Pesawat BAE Hawk 109: Beruntung Keluarga Kami Sedang di Luar Rumah 

Usai melakukan operasi latihan militer, tiga pesawat itu menyatakan akan melakukan pendaratan. Namun saat jarak sekitar 2 kilometer ke landasan, pilot nomor 3 atau Lettu Apriyanto Ismail menyatakan ada trouble di mesinnya.

"Pilot pesawat ketiga menyatakan ada suara aneh di mesin. Pesawat tidak bertenaga," ucapnya.

 Baca juga: Selamat dari Kecelakaan Pesawat Tempur, Sang Pilot Sempat Istirahat di Rumah Warga

Kemudian pilot pun keluar dari pesawat dengan menggunakan kursi lontar. Pesawat jatuh, pilot selamat sedangkan kursi lontar mengenai rumah warga. Atas insiden itu, TNI AU akan melakukan investigasi.

"Pesawat yang jatuh dinyatakan laik terbang," tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini