Rumah Sakit Isolasi Covid-19 Bisa Digunakan Mulai Hari ini

Abdul Wakhid, iNews · Kamis 18 Juni 2020 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 519 2232374 rumah-sakit-isolasi-covid-19-bisa-digunakan-mulai-hari-ini-49hccY7j6z.jpg Bupati Lamongan Fadeli beserta jajaran meninjau ruangan RS Isolasi Covid-19/Foto: Abdul Wakhid-iNews

LAMONGAN - Rumah sakit isolasi Covid 19 di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, resmi digunakan mulai hari ini. Berkapasitas 75 kamar, rumah sakit difungsikan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 Lamongan.

Peresmian dilakukan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui acara virtual, Kamis (18/6/2020).

Wakil Menteri PUPR, Jhon Wempi Wetipo menjelaskan, pembangunan rumah sakit isolasi dan observasi Covid-19 ini diharapkan bisa menjadi langkah antisipasi terhadap penanganan penyakit yang berdampak ini.

Kepala BNPB Doni Monardo, memaparkan keberadaan fasilitas isolasi dan observasi tentunya menjadi bagian dari pemerintah Kabupaten Lamongan dan Jawa Timur pada umumnya, untuk mengakselerasi percepatan penanganan Covid-19. Tujuannya menuju masyarakat produktif tetapi tetap aman Covid-19.

“Saya atas nama pemerintah dengan ini meresmikan fasilitas isolasi dan obserfasi penyakit infeksi (Covid-19) di Kabupaten Lamongan,” Kata Doni seraya menekan tobol sirine tanda peresmian.

Bupati Lamongan, Fadeli menyatakan akan segera memindahkan 31 pasien Covid-19 dari RSUD Soegiri.

“Kalau saya hitung saat ini, ada 75 pasien yang masih dalam perawatan, 31 di antaranya ada di RSUD Soegiri. Hari ini juga akan kita pindah ke rumah sakit Covid-19 ini. Sementara yang di rusunawa sudah tinggal menunggu kesembuhan karena tidak memerlukan perawatan lebih,” ungkap Fadeli.

Data dari gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Lamongan, hingga kini 175 warga terpapar Covid-19 dan 68 pasien di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini