Indonesia Ajak ASEAN Tolak Rencana Aneksasi Tepi Barat oleh Israel

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 24 Juni 2020 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 18 2235664 indonesia-ajak-asean-tolak-rencana-aneksasi-tepi-barat-oleh-israel-Z9HRLmRsdA.jpeg Foto: Dok. Kemlu RI.

JAKARTA โ€“ Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengajak negara-negara anggota ASEAN untuk satu suara menolak rencana Israel menganeksasi wilayah Palestina di Tepi Barat.

Dalam pertemuan Dewan Politik dan Keamanan ASEAN (ASEAN Political and Security Community Council/APSC) ke-35 pada Rabu (24/6/2020), Menlu Retno menyebut langkah aneksasi oleh Israel sebagai pelanggaran terhadap hukum internasional dan melemahkan upaya diplomasi dan upaya mencapai solusi dua negara.

โ€œSaya mengajak negara anggota ASEAN untuk dapat bertindak secara kolektif mendukung hak-hak Palestina dan menolak rencana aneksasi oleh Israel,โ€ kata Menlu Retno sebagaimana disampaikan dalam keterangan pers virtual usai pertemuan tersebut.

Menlu juga mengungkapkan bahwa Indonesia menyampaikan komitmennya untuk menambah bantuan financial untuk Palestina yang disampaikan melalui badan PBB untuk bantuan pengungsi Palestina, UNRWA.

Disampaikan bahwa meski kondisi sedang sulit karena pandemic, Indonesia tetap memiliki komitmen untuk terus membantu Palestina.

โ€œKita sampaikan bahwa saat ini semua negara tengah menghadapi situasi yang tidak mudah karena pandemi, namun demikian Indonesia masih memiliki hati dan komitmen untuk terus berbagi dan mendukung Palestina termasuk kontribusi finansial kita untuk UNRWA,โ€ ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini