Share

Gugur saat Jaga Perdamaian di Kongo, Serma Rama Wahyudi Dimakamkan di TMP Pekanbaru

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Rabu 24 Juni 2020 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 340 2235461 gugur-saat-jaga-perdamaian-di-kongo-serma-rama-wahyudi-dimakamkan-di-tmp-pekanbaru-rsKBfOEvCh.jpg Ilustrasi. Foto Pasukan TNI. Sumber: Puspen TNI

PEKANBARU – Pemberontak yang tergabung dalam Pasukan Sekutu Demokratik (ADF) diduga menyerang pasukan penjaga perdamaian PBB (MONUSCO) di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada Senin malam 22 Juni 2020. Satu anggota TNI dari penjaga perdamaian tersebut, yakni Serma Rahma Wahyudi dilaporkan gugur.

Komandan Korem 031 Wira Bima Brigjen M Syech Ismed mengatakan bahwa Serma Rahma Wahyudi merupakan anggota TNI AD yang berdinas di Denpal (Detasemen Peralatan) Pekanbaru di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Seluruh anggota TNI merasa kehilangan almarhum.

"Dia merupakan anggota dari Denpal," kata Danrem kepada Okezone Rabu (24/6/2020) di Pekanbaru.

Saat bertugas di Kongo, almarhum Serma Rahma Wahyudi berangkat bersama sejumlah anggota TNI AD lainnya dan kini berada di Kongo.

Baca Juga: Penjaga Perdamaian Asal Indonesia Tewas dalam Serangan Pemberontak di RD Kongo 

"Dia tidak sendiri, anggota TNI lainnya. Jenazah akan dimakamkan di TMP (Taman Makam Pahlawan), Pekanbaru.

Sementara Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah memastikan bahwa pihaknya belum mendapat informasi resmi terkait tewasnya Serma Rama Wahyudi, seorang prajurit Indonesia yang tergabung dalam pasukan perdamaian Indonesia di Misi Monusco, Kongo.

Kata dia, besar kemungkinan saat ini Dewan Keamanan PBB tengah melakukan investigasi terkait tewasnya Serma Rama Wahyudi yang diduga diserang oleh pasukan pemberontak Uganda dari Pasukan Sekutu Demokratik (ADF).

Baca Juga: Kemenlu Sebut Tewasnya Serma Rama Wahyudi di Kongo Masih Diinvestigasi

"Sejauh ini belum ada detail kejadian, besar kemungkinan masih diinvestigasi," kata Faizasyah saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (23/6/2020) malam.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini