ASN dan Honorer Disdukcapil Cirebon Kena OTT Saber Pungli Jabar

Fathnur Rohman, Okezone · Jum'at 26 Juni 2020 02:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 26 525 2236561 asn-dan-honorer-disdukcapil-cirebon-kena-ott-saber-pungli-jabar-4Z8azHLstp.jpg Kantor Disdukcapil Cirebon. (Foto : Okezone.com/Fathnur Rohman)

CIREBON – Sejumlah pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon, dikabarkan diamankan oleh Satgas Saber Pungli Jawa Barat (Jabar), terkait praktik pungutan liar pengurusan KTP.

Kabar tersebut kemudian dibenarkan Kadisdukcapil Kabupaten Cirebon Mochammad Syafrudin. Menurutnya, ada lima staf dan satu kepala bidang yang diamankan Satgas Saber Pungli Jabar pada Rabu 24 Juni 2020.

"Teman-teman kami yang berjumlah lima orang staf dan satu orang kepala bidang diikutsertakan di Mapolresta untuk menambahkan penjelasan-penjelasan yang ditanyakan petugas," kata Syafrudin kepada wartawan, Kamis (25/6/2020).

Syafrudin mengatakan, dari informasi yang ia ketahui petugas dari Satgas Saber Pungli Jabar datang secara baik-baik ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Cirebon, untuk melakukan konfirmasi terkait beberapa hal. Salah satu di antaranya petugas menanyakan tentang proses pencetakan KTP elektronik (e-KTP).

"Kemarin di hari Rabu telah datang dari Saber Pungli Jawa Barat. Mereka datang untuk mengonfirmasi beberapa hal, di antaranya menanyakan tentang proses pencetakan KTP elektronik, " ujar Syafrudin.

Ia melanjutkan, kelima orang staf dan satu orang kepala bidang dibawa oleh petugas Saber Pungli Jabar untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Ia mengaku akan menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut kepada pihak berwenang.

"Seperti apa kelanjutannya. Kami tunggu dari pihak yang berwenang, " ucapnya.

Sementara itu terpisah, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso menyebutkan, Satgas Saber Pungli Jabar telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Disdukcapil Kabupaten Cirebon pada Rabu kemarin.

Ia mengatakan, kegiatan OTT itu berkaitan dengan dugaan praktik pungli dalam pengurusan KTP elektronik, dugaan penjualan blanko e-KTP, dan lainnya.

Dari OTT tersebut, ada total enam orang yang saat ini sedang menjalani pemeriksaan. Mereka terdiri dari tiga orang ASN dan tiga orang tenaga honorer.

"Ada kegiatan operasi tangkap tangan Saber Pungli Jabar di Kabupaten Cirebon. Total enam orang sedang diperiksa. Tiga ASN dan tiga honorer," ucap Erlangga.

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini