Jelang Aneksasi Tepi Barat, Presiden Palestina Tolak Angkat Telepon Menlu AS

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 29 Juni 2020 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 18 2238296 jelang-aneksasi-tepi-barat-presiden-palestina-tolak-angkat-telepon-menlu-as-IkujOXyYIG.jpg Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas. (Foto: Reuters)

RAMALLAH - Presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas dilaporkan menolak menerima panggilan telepon dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo untuk membahas rencana aneksasi Israel, hal itu diumumkan General Radio Israel pada Minggu (28/6/2020).

Menurut Al Quds Al Araby, panggilan telepon yang dimaksudkan datang di tengah-tengah diskusi AS-Israel yang sedang berlangsung tentang aneksasi tanah Palestina yang diduduki. Stasiun radio Israel melaporkan bahwa Abbas menolak panggilan telepon itu setelah kontak intensif untuk mengaturnya, demikian dilaporkan Middle East Monitor.

Sementara itu, para pejabat Palestina dikatakan telah mengirim pesan ke Israel mengatakan bahwa PA telah menyiapkan inventaris senjata dan amunisi untuk diserahkan kepada negara pendudukan ketika negara itu juga menyerahkan tanggung jawab penuh untuk keamanan di Tepi Barat yang diduduki.

Al Quds Al Araby juga mencatat bahwa General Radio memperkirakan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) untuk mengumumkan pembubaran PA dan pemerintah Palestina.

Hal itu membuat banyak pihak bertanya-tanya apakah ancaman untuk mengakhiri koordinasi keamanan dengan Israel dan membubarkan PA adalah nyata, atau hanya permainan kata-kata untuk membujuk Israel untuk membatalkan rencana aneksasinya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, proses aneksasi akan dimulai pada 1 Juli.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini