Jepang Luncurkan N700S, Kereta Peluru Baru yang Bisa Tetap Melaju Saat Gempa

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 06 Juli 2020 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 18 2241701 jepang-luncurkan-n700s-kereta-peluru-baru-yang-bisa-tetap-melaju-saat-gempa-Qof6y33wIe.jpg Foto: JR Central.

TOKYO - Jepang telah meluncurkan kereta peluru, atau juga dikenal sebagai Shinkansen, baru yang memecahkan rekor kecepatan kereta sejenis. Shinkansen baru itu tidak hanya lebih nyaman dari model sebelumnya, tapi juga bisa berjalan tanpa membutuhkan daya eksternal meski hanya untuk jarak pendek.

N700S adalah inkarnasi terbaru dari Shinkansen Jepang, dengan nama yang merujuk pada kecepatannya yang luar biasa.

Kereta peluru itu dimaksudkan untuk dioperasikan untuk pertama kalinya selama Olimpiade Tokyo, tetapi ketika kompetisi 2020 ditunda karena pandemi Covid-19, Central Japan Railway Company (dikenal sebagai JR Central) memutuskan untuk meluncurkannya.

Pekan ini para penggemar kereta api berbondong-bondong memadati Stasiun Tokyo di mana Presiden JR Central, Shin Kaneko memimpin upacara keberangkatan komersial pertama N700S. Diwartakan RT, kereta model baru itu melakukan perjalanan perdananya di Tokaido Shinkansen, yang merupakan jalur kereta peluru pertama Jepang.

JR Central berencana untuk meningkatkan armadanya dari N700S menjadi 12 selama tahun fiskal saat ini, dan menjadi 40 pada tahun 2022. Huruf “S” dalam nama kereta itu merupakan singkatan dari “Supreme”.

N700 S memiliki 16 gerbong memiliki sistem suspensi aktif yang disempurnakan yang menghasilkan pengendaraan yang lebih tenang dan lebih mulus, serta sistem pengereman darurat baru.

Kereta itu juga dilengkapi dengan baterai lithium, yang memungkinkannya bergerak tanpa catu daya eksternal jika dibutuhkan, misalnya saat terjadi pemadaman yang disebabkan oleh gempa bumi. Baterai memungkinkan kereta bergerak menjauh dari bagian rute yang berbahaya, seperti jembatan atau terowongan, dan bahkan mungkin mencapai keamanan stasiun terdekat.

Interior N700S juga didesain ulang, menyertakan kursi dengan outlet listrik terpisah, rak bagasi dengan lampu yang otomatis menyala setiap pemberhentian, serta berbagai fasilitas lain yang memanjakan penumpang.

Kereta peluru adalah salah satu kebanggaan nasional bagi Jepang dan medan persaingan dengan China, yang telah mengembangkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi yang mengesankan.

Selama uji coba tahun lalu, N700S mencapai kecepatan 360 km per jam, sebuah rekor untuk kereta Shinkansen. Sementara itu, kereta peluru Chinam CRH3 telah mencatat kecepatan 400 km per jam di trek uji.

Rekor dunia untuk kereta api komersial yang berjalan di atas roda baja adalah 574.8kph, suatu prestasi yang diraih oleh TGV 4402 Prancis pada 2007. Namun, dalam praktiknya, kereta berkecepatan tinggi itu melaju dengan kecepatan lebih rendah selama operasi reguler di setiap negara yang menggunakannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini