3 Pedagang Positif Virus Corona, 2 Pasar di Bantul Ditutup

Kuntadi, Koran SI · Kamis 09 Juli 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 510 2243816 3-pedagang-positif-virus-corona-2-pasar-di-bantul-ditutup-5NwB7JRKLZ.jpg Foto Ilustrasi Okezone

BANTUL – Tiga pedagang pasar tradisional di Kabupaten Bantul, DIY terinfeksi virus corona atau Covid-19. Agar tidak menularkan ke pedagang lain, Pasar Sungapan dan Pasar Sorobayan akan ditutup selama tiga hari ke depan.

“Dari rapid test yang menyasar pedagang pasar ditemukan tiga pedagang yang positif Covid-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso kepada wartawan, Kamis (9/7/2020).

 Rapid tes

Ketiga pedagang ini termasuk orang tanpa gejala (OTG), dan kondisinya cukup sehat. Saat ini Dinas Kesehatan melakukan penelusuran terhadap ketiga pedagang tersebut. “Ini masih kita telusuri oleh Dinas Kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Sukrisna Dwi Susanta mengatakan, pedagang yang terinfeksi ini, dua dari Pasar Sungapan, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu dan satu dari Pasar Sorobayan di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden. Untuk mengantisipasi penularan, kedua pasar ini ditutup selama tiga hari mulai Jumat 10 Juli 2020, hingga Minggu 12 Juli 2020.

“Selama tutup akan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk memutus rantai penyebaran,” kata Sukrisna.

 

Sukrisna mengatakan, tidak tahu persis di mana mereka terpapar Covid-19. Namun dari informasi pedagang, mereka tertular dari lingkungan tempat tinggalnya.

Kasus ini ditemukan dari pelaksanaan Rapid Diagnostic Test (RDT) massal yang menyasar pedagang. Di Pasar Sorobayan diikuti 242 pedagang dan ada dua yang reaktif. Sedangkan di Pasar Sungapan dari 94 pedagang ada empat yang reaktif. Mereka yang reaktif ditindaklanjuti dengan tes swab dan hasilnya ada tiga yang positif.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini