Berbekal Internet Gratis, Puluhan Siswa Belajar di Tengah Kuburan

Andi Deri Sunggu, iNews · Kamis 09 Juli 2020 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 609 2243749 berbekal-internet-gratis-puluhan-siswa-belajar-di-tengah-kuburan-0EPX2LRrhF.jpg Puluhan siswa mengikuti proses belajar di tengah kuburan/Foto: Andi Deri Sungu-iNews

MAKASSAR - Pemerintah belum mengizinkan aktivitas belajar mengajar di sekolah karena pandemi virus corona atau Covid-19 belum berakhir. Posesnya belar harus dilakukan secara daring atau virtual.

Sayangnya, tidak semua orangtua mengerti dan bisa membimbing anaknya untuk menggunakan fasilitas teknologi dalam belajar. Sebagian juga tidak mampu membeli data internet sebagai penunjang utama. Realita inilah yang menggugah anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas).

Pelaksanaan belajar mengajar pun akhirnya bisa dilaksanakan. Hanya saja, prasarana yang digunakan adalah area pamakaman umum Dadi di Kecamtan Mamajang, Kota Makassar.

Sekolah kuburan

Area ini terpaksa digunakan lantaran keterbatasan lahan, terutama di wilayah sekitar. Setelah bermusyawarah, bagian pemakaman yang tidak terpakai dijadikan anak-anak berbagai tingkatan usia sebagai tempat belajar setiap harinya.

Pagi dan sore, kegiatan belajar mengajar selalu digelar. Tidak ada sedikitpun takut yang dirasakan para siswa meski belajar di tengah kuburan.

Sekolah yang hanya dibagun semi-permanen ini menampung 80 siswa, terdiri dari siswa PAUD, SD, SMP, dan SMA. Mereka dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas pagi untuk SMP-SMA dan sore untuk SD-PAUD.

Sekolah darurat ini didirikan pada Juni 2020. Anggota Babinkamtibmas Polsek Mamajang, Aiptu Paleweri kali pertama melontarkan inisiatif. Cetusan ide tersebut disambut antusias warga setempat, hingga jadilah tempat belajar anak-anak ini.

"Selama pandemi corona ini, orangtua mengaku kesulitan memberikan data internet kepada anaknya. Jadi, saya berpikir untuk memasang wifi agar bisa dimanfaatkan anak-anak," kata Palaweri, Kamis (9/7/2020).

Sekolah kuburan 1

Rumah belajar ini disebut sebagai balla-online atau rumah online. Satu-satunya kemewahan rumah belajar ini adalah fasilitas wi-fi gratis.

Sementara itu, orang tuannya juga bisa bisa leluasa mengawasi anaknya yang sedang belajar. Orangtua juga tidak perlu mengeluarkan biaya membeli data internet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini