Aksi Heroik Marbut Masjid Viral, Maling Kotak Amal Dibuat Tak Berkutik

Era Neizma Wedya, iNews · Minggu 12 Juli 2020 00:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 610 2244975 aksi-heroik-marbut-masjid-viral-maling-kotak-amal-dibuat-tak-berkutik-1VenigkpTL.jpg Marbut masjid berhasil gagalkan aksi pencurian (Foto: Era Neizma)

PALEMBANG - Sebuah video yang memperlihatkan seorang marbut masjid di Palembang, Sumatera Selatan melakukan aksi heroik dengan menggagalkan pelaku pencurian menjadi viral di media sosial Instagram, Sabtu (11/7/2020). 

Video yang viral itu berasal dari rekaman CCTV, aksi yang terjadi Masjid Al-Jannah, Komplek Pusri, Kecamatan Sako, Kota Palembang sekitar pukul 06.15 WIB.

Sudarno sang marbut masjid, mengatakan asalnya hendak beres-beres di masjid setelah pelaksaan Salat Subuh. Baru sampai ke halaman masjid, dirinya kaget saat mengetahui ada orang yang tidak dikenal berada di dalam masjid.

"Awalnya saya kira yang bersangkutan itu sedang Sholat Dhuha. Tapi perasaan saya tidak enak, apalagi waktunya cukup lama," katanya.

Baca Juga: Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid di Jember Terekam CCTV, Polisi Amankan Pelaku 

Saat itu, Sudarno hanya bersama dengan dua cucunya yang masih remaja. Rasa curiganya pun bertambah tatkala orang tersebut langsung buru-buru mengenakan helm untuk meninggalkan masjid menggunakan sepeda motor.

"Saya reflek saja langsung menutup pintu pagar masjid dan mencoba menahan orang tersebut," katanya.

Namun, yang bersangkutan mencoba menerobos, sehingga terjadi aksi tarik-menarik pintu pagar. Lalu, karena pelaku bersikeras kabur sempat terjadi aksi perkelahian.

"Saat saya pukul perutnya yang memakai jaket, ternyata ada sejumlah uang yang berhamburan. Padahal, awalnya saya tidak tahu kalau kotak amal masjid sudah terbuka," katanya.

Tapi kecurigaan terhadap pelaku itu setelah masjid di tempatnya sering terjadi pencurian uang di dalam kotak amal. Untungnya, tak lama setelah aksi itu, ada sejumlah warga yang melintas di lokasi serta membantu mengamankan pelaku.

Baca Juga: Maling Ini Mengaku Tak Sadar Curi Motor Usai Tenggak 20 Sachet Obat Batuk 

Sementara itu, Sekretaris Kota Palembang, Ratu Dewa, yang berkesempatan menemui Sudarmo, turut menyampaikan rasa empati dan apresiasi dari kegigihan yang bersangkutan selaku marbut masjid. "Semoga keberanian ini menjadi inspirasi kita. Pemkot juga akan segera mencari formulasi yang tepat untuk antisipasi agar aksi pencurian seperti ini tidak terjadi lagi di masjid-masjid Palembang," katanya.

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini