Share

Warga Jabar Tak Pakai Masker Bakal Didenda hingga Rp150 Ribu

CDB Yudistira, Okezone · Senin 13 Juli 2020 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 525 2245696 warga-jabar-tak-pakai-masker-bakal-didenda-hingga-rp150-ribu-lf3ET8wKV8.jpg Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Foto: Okezone)

BANDUNG - Akhir Juli bulan ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bakal menerapkan sanksi tegas terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Sanksi yang diterapkan mulai dari denda uang, kurungan, hingga sanksi sosial.

"Denda mulai dari 100 -150 ribu kepada mereka yang tidak menggunakan masker di tempat umum," kata pria yang akrab di sapa Emil, saat menggelar konferensi pers, di Makodam III Siliwangi, Bandung, Senin (13/7/2020).

"Kalau tidak bisa membayar denda, pilihannya opsinya kurungan atau kerja sosial yang finalisasinya sedang disiapkan pak Kajati," imbuhnya.

Emil mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Tinggi, untuk membentuk dasar hukum, untuk sanksi tegas tidak menggunakan masker.

"Dasar hukumnya Pergub yang akan dikaji oleh pak Kajati. Dananya akan masuk ke kas daerah, terhimpun buat negara. Yang melaksanakannya Satpol PP Kepolisian dan TNI atas nama gugus tugas," ucapnya.

Pendisplinan ini, berawal masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker, ditengah pandemi Covid-19.

"Ini hasil monitor dan laporan dari Kapolda, banyak orang yang cuek tidak menggunakan masker," katanya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini