Unik! Medan Punya Ruang Isolasi Pasien Covid-19 "Anti Kabur"

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Selasa 21 Juli 2020 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 608 2249664 unik-medan-punya-ruang-isolasi-anti-pasien-covid-19-kabur-JOmpx2JRjk.jpg Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ketika meninjau ruang isolasi anti pasien Covid-19 kabur. Foto: Istimewa

MEDAN – Akhir-akhir ini ramai diberitakan sejumlah pasien virus corona (Covid-19) kabur dari rumah sakit. Namun pasien yang dirawat di Medan, tepatnya di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, tak akan bisa kabur.

Pasalnya layanan kesehatan itu memiliki 15 ruangan isolasi baru yang anti pasien kabur. Bagaimana cara kerja ruang isolasi tersebut?

Ya, setiap pintu ruang isolasi dipasangi alarm seperti yang digunakan di pintu mobil. Jadi, ketika pasien membuka pintu tersebut tanpa izin, maka alarm akan berbunyi sehingga akan ketahuan oleh petugas.

Demikian dijelaskan Pelaksana Harian (Plh) Direktur Utama (Dirut) RSUP Haji Adam Malik, Zainal Safri beberapa waktu lalu.

"Dalam memberikan layanan kesehatan, rumah sakit harus menerapkan kewaspadaan isolasi yang terdiri dari Kewaspadaan Standar dan Kewaspadaan Berbasis Transmisi. Setiap pintu ruangan kita pasangi alarm, sehingga ketika pintu terbuka alarm akan hidup. Sehingga tidak memungkinkan ada pasien positif yang bisa melarikan diri," tegasnya.

Baca Juga:  Dua PDP Covid-19 Kabur, Pemkab Parepare Langsung Tutup Perbatasan

Sementara Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, penambahan 15 ruang isolasi baru itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan dalam menangani pasien Covid-19 di wilayahnya.

"Ini salah satu langkah antisipasi untuk saudara-saudara kita yang terkena atau terpapar Covid-19. Setelah ini, mulai sore ini, ruangan sudah bisa mulai beroperasi," ujar Edy kemarin.

Edy lebih lanjut mengatakan, ruangan isolasi tambahan ini disiapkan khusus untuk pasien positif Covid-19 yang berat. Fasilitasnya pun lebih lengkap dilengkapi dengan alat bantu pernapasan (ventilator).

"Lengkap juga pengamanan untuk orang yang sehat, dan juga lengkap pengamanan untuk tenaga kesehatan yang mendampinginya. Tapi begitu pun saya berharap kalau bisa ruangan ini jangan sampai digunakan," tambahnya.

Baca Juga: Pasien Corona Kabur Naik Kapal Feri, Penumpang dan Kru Dikarantina

Ke-15 ruang isolasi tambahan ini, berlokasi di belakang bangunan lama RSUP Haji Adam Malik, tepatnya di Jalan Cardiac Center Medan. (abp)

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini