Tetanus Ancam Relawan di Tengah Banjir Luwu Utara, Vaksin Massal Digelar

Jufri Tonapa, iNews · Selasa 21 Juli 2020 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 609 2249932 tetanus-ancam-relawan-di-tengah-banjir-luwu-utara-vaksin-massal-digelar-lJsyENaDUo.jpg Vaksin Massal untuk relawan di Luwu Utara. Foto: iNews

LUWU UTARA – Banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Luwu Utara, Sulawesi Selatan sejak Senin pekan lalu. Dalam bencana tersebut puluhan warga dilaporkan tewas dan sejumlah lainnya hilang.

Ratusan petugas gabungan yang terdiri dari personel Basarnas dan Tim SAR setempat setiap hari melakukan evakuasi terhadap korban dan melakukan pencarian di kawasan Masamba, Luwu Utara.

Sementara itu Kepala Seksi Operasi Basarnas Makassar, Rizal mengatakan tetanus merupakan penyakit yang paling mengancam relawan dan Tim SAR saat mengevakuasi maupun mencari korban. Oleh karena itu vaksin massal pun digelar.

“Hari ini kami laksanakan vaksin tetanus untuk teman relawan untuk menghindari penyakit tetanus,” ujarnya pada Selasa (21/7/2020).

Untuk diketahui hingga saat masa pencarian telah memasuki hari ke sembilan. Korban yang telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sebanyak 38 orang, dan yang masih dalam pencarian sebanyak 9 orang.

Sebelumnya dikabarkan sejumlah pengungsi yang ada di Desa Radda dan Desa Meli, Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan sudah mulai alami gejala pusing mual dan muntah, bahkan ada pasien yang harus menjalani operasi ringan akibat infeksi serius di bagian kaki.

Tim Relawan Public Safety Center Kota Palopo yang berkonsentrasi memberikan pelayanan kesehatan kepada para pengungsi mengaku kewalahan karena kekurangan obat-obatan, bahkan tak memiliki ambulans untuk merujuk pasiennya ke puskesmas dan rumah sakit.

"Kondisi ini membuat para pasien terpaksa dirawat inap di teras rumah warga dengan kondisi seadanya menggunakan velbad sebagi tempat tidur dan terpal sebagai dinding penghalang hujan dan matahari," jelas salah satu relawan medis, Resky.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini