Target Jatim, Bebas Zona Merah Covid-19 dalam Satu Bulan

Agregasi Sindonews.com, · Rabu 22 Juli 2020 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 519 2250493 target-jatim-bebas-zona-merah-covid-19-dalam-satu-bulan-SWqocGoDfW.jpg Peta persebaran kasus Covid-19 di Jatim. Foto: Screenshoot dari laman infocovid19.jatimprov

SURABAYA – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M Fadil Imran yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ikut membantu Satgas Covid-19 mengentaskan virus corona di wilayahnya.

Bahkan Imran menargetkan dalam satu bulan ke depan Jatim sudah bebas dari zona merah Covid-19. Zona merah diupayakan diubah menjadi zona oranye, zona orange menjadi kuning, dan zona kuning menjadi zona hijau.

Untuk mewujudkan target itu, Polda Jatim akan mengoptimalkan petugas di 2.091 Kampung Tangguh Semeru yang tersebar di berbagai wilayah. Kampung Tangguh Semeru terbanyak di Kota Surabaya, yakni 299.

“Kami akan memperkuat partisipasi masyarakat melalui Kampung Tangguh Semeru,” kata Fadil, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga:  Bertambah 395, Jatim Penyumbang Terbanyak Pasien Sembuh dari Covid-19 

Kapolda menyebut, salah satu program Kampung Tangguh Semeru adalah melakukan testing, tracing, dan treatment (3T), dapat dijalankan secara sistematis.

"Dalam melakukan testing, Kampung Tangguh telah berperan dalam pelaksanaan rapid test terhadap 77.950 orang. Kemudian, berperan dalam penerapan tes swab 2.772 orang," ujarnya.

Dalam aspek percepatan tracing, petugas Kampung Tangguh Semeru dapat mengoptimalkan penggalian informasi mengenai waktu kontak pasien, riwayat pasien, dan lokasi pasien.

Baca Juga: Bertambah 395, Jatim Penyumbang Terbanyak Pasien Sembuh dari Covid-19 

Sedangkan dalam aspek treatment, petugas Kampung Tangguh Semeru membantu menyokong percepatan penanganan oleh tim medis kepada pasien bergejala ringan untuk menjalankan isolasi mandiri.

"Dalam pemulihan kondisi sosial-ekonomi, Kampung Tangguh memberikan sembako kepada warga terdampak," katanya  sebagaimana dikutip dari Sindonews.

Diketahui, jumlah daerah zona merah atau daerah dengan risiko tinggi penyebaran COVID-19 di Jatim hingga Selasa (21/7/2020) tinggal 3 daerah. Di antaranya yakni Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kota Pasuruan.

Sedangkan daerah zona kuning atau daerah dengan risiko rendah masih ada 7 daerah, yakni Bondowoso, Madiun, Probolinggo, Ngawi, Tulungagung, Pacitan dan Lumajang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini