Pakar AS Tolak Klaim Trump Soal Hidroksiklorokuin dan Pengobatan Covid-19

Agregasi VOA, · Rabu 29 Juli 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 18 2254028 pakar-as-tolak-klaim-trump-soal-hidroksiklorokuin-dan-pengobatan-covid-19-3cKYlUzcFR.jpg Dr. Anthony Fauci. (Foto: Reuters)

PAKAR penyakit menular Amerika Serikat (AS) Dr. Anthony Fauci menolak klaim Presiden Donald Trump bahwa hidroksiklorokuin (HCQ) adalah pengobatan efektif untuk Covid-19, penyakit yang disebabkan virus corona baru.

Pada Senin malam (27/7/2020) Trump membela penggunaan hidroksiklorokuin dalam puluhan cuitan di Twitter, demikian diwartakan VOA. Dalam beberapa hari terakhir Trump tampaknya secara terbuka mengambil sikap yang lebih serius tentang virus corona.

Trump memperbarui pembelaannya terhadap obat anti-malaria itu, meskipun banyak penelitian menunjukkan bukan pengobatan yang efektif untuk COVID-19 dan fakta bahwa Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) baru-baru ini membatalkan pesanan yang memungkinkan obat itu digunakan sebagai pengobatan darurat.

BACA JUGA: Trump Tetap Konsumsi Hidroksiklorokuin, Obat Malaria yang Tak Efektif Atasi Covid-19

Dalam cuitannya, Trump juga memasukkan cuitan lain dari akun Twitter untuk acara podcast yang dipandu mantan penasihatnya, Steve Bannon. Dalam acara itu, Bannon menuduh Fauci menyesatkan warga Amerika tentang hidroksiklorokuin.

Cuitan Trump lainnya menampilkan seorang perempuan yang dalam sebuah video mengatakan ia adalah seorang dokter di Houston, Texas. Ia berdiri di luar gedung yang tampaknya adalah gedung Mahkamah Agung AS di Washington, DC. Ia mempromosikan penggunaan obat-obatan tersebut dan mencegah pemakaian masker pelindung wajah.

Twitter kemudian menandai cuitan tersebut, dan seorang juru bicara perusahaan media sosial itu mengonfirmasi cuitan, yang telah dihapus dari laman Trump itu, melanggar kebijakan tentang informasi salah mengenai Covid-19.

BACA JUGA: FDA Cabut Izin Darurat Penggunaan Hidroksiklorokuin untuk Covid-19

Facebook juga menghapus video tersebut, dan juru bicaranya mengatakan video itu membagikan "informasi salah tentang penyembuhan dan pengobatan COVID-19." Gedung Putih belum mengomentari cuitan-cuitan itu.

"Saya setuju dengan FDA," kata Fauci dalam wawancara di acara televisi ABC Good Morning America pada Selasa (28/7/2020). “Percobaan klinis luar biasa yang meninjau keampuhan hidroksiklorokuin telah mengindikasikan bahwa obat itu tidak efektif pada penyakit virus corona. ”

Trump juga mencuit ulang cuitan Bannon lainnya yang menuduh Fauci "telah menyesatkan publik Amerika dalam banyak hal, tetapi khususnya, pada penghentian #hydroxychloroquine.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini