Kontribusi Gunadarma untuk Masyarakat

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Kamis 30 Juli 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 1 2254448 kontribusi-gunadarma-untuk-masyarakat-MkvYXNh8gt.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA-Universitas Gunadarma (UG) sebagai salah satu Perguruan Tinggi swasta terbaik, yang sudah berdiri selama lebih dari tiga dekade, hingga saat ini terus memberikan sumbangsihnya bagi masyarakat.

Belum lama ini, UG turut berperan aktif dalam membantu pemerintah memerangi Covid-19. Sumbangsih itu ditunjukkan dengan keberhasilan membuat Ventilator berbasis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI).

Seperti diketahui, pasien terpapar corona harus menjalani perawatan dan membutuhkan ventilator yang cukup dalam membantu penyembuhannya. Fungsi ventilator sangat krusial, mengingat virus corona menyerang sistem pernapasan dan paru-paru penderitanya.

Selain menciptakan ventilator, UG juga berkontribusi dengan memproduksi hand sanitizer dan disinfektan. Dengan Laboratarorium Farmasi yang dimiliki, UG memproduksi hand sanitizer dan disinfektan tersebut dari bahan baku serta dari mitra-mitra kesehatan yang diperuntukan untuk kalangan sendiri maupun didistribusikan kepada masyarakat luas.

“Dalam konteks penyiapan berbagai sarana kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus corona, kami telah memproduksi ketersediaan hand sanitizer dan disinfektan,” jelas Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi BAPSI Gunadarma Universitas Prof Budi Hermana.

Di samping itu, UG juga membangun Universitas Gunadarma Technopark (UG-TechnoPark). UG-TechnoPark merupakan komplek atau kawasan pengembangan teknologi, manajemen, pendidikan, dan bisnis secara terpadu. Lokasi UG-TechnoPark berada di Desa Jamali-Mulyasari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.

Kawasan tersebut bersifat holistic integrative untuk menunjang kegiatan pendidikan, pertanian terpadu, pariwisata dan pengembangan teknologi terpadu.

Menurut Prof. Budi tujuan pembangunan UG-TechnoPark adalah sebagai fasilitas pendidikan dan penelitian bagi dosen, mahasiswa UG dan mitra kerjasama UG, serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya edukasi kepada masyarakat mengenai penerapan TIK atau teknologi tepat guna pada berbagai bidang ilmu yang dikembangkan di UG.

Nah, itulah beberapa contoh sumbangsih UG bagi masyarakat. Masih banyak lagi yang UG lakukan untuk masyarakat dan negara kita tercinta. Tunggu apalagi, segera daftar di UG segera.

 CM

(yao)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini