Gombloh dan Sonar, Sapi Pemenang Kontes yang Jadi Kurban Presiden Jokowi

Gunanto, iNews · Kamis 30 Juli 2020 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 510 2254507 gombloh-dan-sonar-sapi-pemenang-kontes-yang-jadi-kurban-presiden-jokowi-7yBZimPGKh.jpg Sapi kurban Presiden Jokowi (foto: iNews)

YOGYAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokoqi) menyalurkan dua ekor hewan kurban sapi kepada pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dua sapi jenis metal cros limosin sumbangan presiden tersebut, seharga 165 juta rupiah dengan berat masing masing 1 ton.

Sapi tersebut juga merupakan pemenang kontes dan telah melewati beberapa tahap seleksi sebelum akhirnya dipilih sebagai hewan kurban Presiden Jokowi pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Kedua sapi milik peternak yang berasal dari wilayah Bantul dan Sleman ini, juga diberi nama gombloh dan sonar. Untuk sapi yang bernama gombloh tersebut di beli Jjokowi/ dengan harga Rp87 juta, sedangkan sonar dibeli dengan harga Rp78 juta.

Sapi Kurban Jokowi

Bukan hanya sapi biasa, namun sapi yang diberi nama gombloh tersebut juga merupakan pemenang kontes sapi yang pernah dilombakan di wilayah Magelang. sebelum terpilih menjadi sapi kurban Presiden Jokowi, sapi tersebut telah melewati sejumlah selekasi, yang dilakukan oleh dinas peternakan dan melalui tahapan mulai dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat pusat.

Rika Daru Efendi, peternak pemilik sapi gombloh mengatakan, untuk mencapai berat 1 ton tersebut, selain vitamin, peternak juga memberikan makanan sapi berupa kombor yang terdiri dari campuran ampas ketela dedak dan polar.

"Dua ekor sapi kurban milik Pak Jokowi ini akan disalurkan ke Kabupaten Kulonprogo dan Istana Kepresidenan Yogyakarta," kata Daru Efendi.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini