Ribuan Kendaraan Asal Jakarta Diprediksi Masih Akan Melintas Tol Cipali Malam Ini

Fathnur Rohman, Okezone · Minggu 02 Agustus 2020 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 525 2255828 ribuan-kendaraan-asal-jakarta-diprediksi-masih-akan-melintas-tol-cipali-malam-ini-pvSSjLKMMn.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

CIREBON - Puncak arus balik lebaran Idul Adha 1441 Hijriah terjadi pada Minggu (2/8/2020) malam ini. Diprediksi, sebanyak 100 ribu kendaraan asal Jakarta dan sekitarnya masih akan melintas di Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat.

Kapolresta Cirebon, Kombes M Syahduddi mengatakan, ada sekitar 300 ribu kendaraan baik dari arah Jakarta menuju Jawa dan sebaliknya, yang sudah melintas di GT Palimanan Tol Cipali sejak arus mudik Idul Adha. Dari angka itu, diprediksi masih bakal ada sekitar 100 ribu kendaraan yang akan kembali menuju Jakarta pada malam hari ini.

 Mudik

Syahduddi menerangkan, bila dihitung dari hari Sabtu 1 Agustus 2020 sampai saat ini, sudah ada 50 ribu sampai 60 ribu kendaraan yang sudah melintas di GT Palimanan Tol Cipali. Ia memastikan, tidak akan ada kemacetan kendaraan yang cukup panjang di GT Palimanan Tol Cipali.

"Sejak arus mudik sudah ada 300 ribu kendaraan yang melintas di sini. Baik yang mudik ataupun hanya sekedar lewat. Dari kemarin sampai saat ini ada 50 ribu kendaraan yang sudah balik ke Jakarta. Masih ada 100 ribu yang akan melintas ke arah Jakarta malam ini," kata Syahduddi saat ditemui Okezone, Palimanan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (2/8/2020) malam.

 

Syahduddi melanjutkan, Polresta Cirebon sudah menyiagakan tim urai untuk memantau jalannya arus lalin di sepanjang Jalan Tol Cipali. Tim urai ini, nantinya akan memeriksa apakah ada pemudik yang menggunakan bahu jalan untuk berhenti atau tidak.

"Tim urai nanti akan memeriksa apakah ada pengendara yang berhenti di bahu jalan tol," ujar Syahduddi.

Masih kata dia, pihaknya sudah melakukan pengalihan kendaraan angkutan barang untuk melintas di Jalur Pantura Cirebon. Hal ini dilakukan untuk mengurangi volume kepadatan kendaraan di Tol Cipali. Khususnya di GT Palimanan.

"Untuk membatasi kendaraan kendaraan barang, kami arahkan ke arteri. Kendaraan barang ada yang dikecualikan dan boleh melintas. Seperti yang mengangkut bahan kebutuhan pokok dan BBM," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini