18 Tenaga Medis RSUD 45 Kuningan Positif Virus Corona

Fathnur Rohman, Okezone · Senin 03 Agustus 2020 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 525 2256319 18-tenaga-medis-rsud-45-kuningan-positif-virus-corona-iHJw60QPqV.jpg RSUD 45 Kuningan (Foto : Okezone.com/Fathnur)

KUNINGAN - Masyarakat Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dihebohkan dengan munculnya sebuah pesan berantai di aplikasi chating whatsapp, yang menyebutkan kalau sebanyak 18 tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) 45 Kabupaten Kuningan, positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Kabar tersebut dibenarkan oleh Direktur RSUD 45 Kabupaten Kuningan, Deki Saifullah. Menurut Deki, 18 tenaga medis di RSUD 45 Kabupaten Kuningan ini dinyatakan positif terpapar Covid-19, setelah mengikuti tes swab massal beberapa waktu lalu.

Deki memaparkan, 18 tenaga medis yang positif virus corona terdiri dari 10 orang tenaga kesehatan (nakes), 7 orang dokter, dan 1 orang petugas cleaning service.

"Kita ada program dari pemerintah melalui Dinas Kesehatan untuk melakukan swab terhadap tenaga medis atau nakes di rumah sakit. Setelah seminggu kemudian ternyata ada 18 yang positif," kata Deki saat dikonfirmasi wartawan, Senin (3/8/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum bisa mengetahui penyebab pasti mengapa 18 tenaga medis di RSUD 45 Kabupaten Kuningan bisa positif Covid-19. Kendati demikian, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antsipasi dengan mengisolasi 18 tenaga medis terebut di salah satu rumah sakit di Kabupaten Kuningan.

Baca Juga : Dapat Dukungan Gerindra, Gibran: Terima Kasih Pak Prabowo

Baca Juga : Dokter India Akui Bunuh 50 Sopir Taksi, Buang Mayatnya ke Danau Buaya

Sebelumnya, kata Deki, ada kurang lebih 100 tenaga medis di RSUD 45 Kabupaten Kuningan yang mengikuti tes swab massal. Dari 100 tenaga medis ini, 18 di antaranya positif Covid-19.

"Diisolasi di RS Citra Ibu. Yang kemarin kami pakai sebagai ruang isolasi pasien. Kebetulan saat ini sedang tidak ada pasien," ujar Deki.

Meski saat ini ada 18 tenaga medis yang positif virus corona, Deki memastikan bahwa pelayanan di RSUD 45 Kabupaten Kuningan tetap berjalan. Pihaknya juga sudah melakukan tracing internal di RSUD 45 Kabupaten Kuningan, untuk memastikan apakah ada pegawai atau nakes lain yang pernah melakukan kontak erat, dengan 18 tenaga medis tersebut.

Sedangkan, lanjutnya, untuk tracing keluarga dari 18 tenaga medis itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan.

"Pelayanan masih tetap buka. Masyarakat kalau tidak ada keperluan apa-apa ke sini diharapkan jangan kesini. Kalau mau berobat silahkan. Kita selalu menerapkan protokol kesehatan. Kunjungan ke rumah sakit kita tiadakan dulu," ucap Deki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini