Memasuki Musim Kemarau BMKG Imbau Petani Waspadai Hama

CDB Yudistira, Okezone · Rabu 12 Agustus 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 525 2260984 memasuki-musim-kemarau-bmkg-imbau-petani-waspadai-hama-SlTIdHO7ci.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

BANDUNG - Memasuki musim kemarau 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor mengimbau kepada petani agar mewaspadai wabah hama pada musim kemarau yang akan menyerang sektor pertanian.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra mengatakan, pada musim kamarau potensi hama cenderung lebih banyak dibandingkan pada musim hujan.

"Biasanya kalau saat sekarang hama tanaman lebih banyak dari biasanya untuk pertanian," ujarnya saat dihubungi, Rabu (13/8/2020).

Hadi menambahkan, intensitas hujan di musim kemarau masih akan terjadi. "Kemarau bukan berarti tidak ada hujan. Untuk kemarau, tahun ini sifatnya normal dibandingkan kemarau tahun 2019 yang di bawah normal," tambahnya.

Berdasarkan pantauan Okezone, beberapa waktu terakhir, intensitas hujan di beberapa daerah di Bandung Raya dan sekitarnya kerap terjadi dengan intensitas yang cukup tinggi.

Sementara itu, Hadi menjelaskan bahwa diperlukan langkah-langkah untuk menekan perkembangan hama tanaman pada musim kemarau. "Perlu langkah-langkah untuk menekan perkembangan hama tanaman," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini