Mantan Presiden Ekuador Ditahan Terkait Kematian Tersangka Kasus Skandal Pasokan Medis

Agregasi VOA, · Jum'at 14 Agustus 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 18 2262108 mantan-presiden-ekuador-ditahan-terkait-kematian-tersangka-kasus-skandal-pasokan-medis-LoQKCGJ12n.jpg Mantan Presiden Ekuador Abdala Bucaram. (Foto: AP)

GUAYAQUIL - Mantan Presiden Ekuador Abdala Bucaram ditahan sebagai bagian dari investigasi terkait skandal pasokan medis. Ini adalah kedua kalinya dalam dua bulan Bucaram ditahan dalam suatu penyelidikan kejahatan terorganisir.

Menteri Dalam Negeri Ekuador Maria Paula Romo mengatakan kepada stasiun radio setempat, Bucaram ditangkap di rumahnya di kota pelabuhan Guayaquil pada Rabu (12/8/2020). Penahanan itu adalah bagian dari investigasi mengenai apakah ia ada hubungannya dengan pembunuhan seorang lelaki Israel yang dipenjara dalam kasus dugaan skandal pasokan medis terkait Covid-19.

BACA JUGA: Banding Ditolak, Eks Presiden Ekuador Rafael Correa Divonis 8 Tahun Penjara

Pria itu tewas di Penjara Litoral, Guayaquil pada Sabtu (8/8/2020). Sejauh ini Bucaram belum dikenai dakwaan sehubungan dengan kematiannya, demikian diwartakan VOA.

Pada Juni lalu, Bucaram ditahan selama beberapa waktu menyusul penggerebekan di kediamannya dalam penyelidikan yang melibatkan penjualan pasokan medis terkait Covid-19 ke rumah-rumah sakit.

BACA JUGA: Mayat-Mayat yang Diletakkan di Jalanan Picu Kemarahan Warga Kota di Ekuador

Pihak berwenang menyita ribuan masker dan peralatan tes cepat virus corona. Sepucuk pistol dan karya seni juga disita dan Bucaram didakwa secara ilegal memiliki senjata api dan karya seni milik negara.

Tiga putra Bucaram juga diburu sehubungan dengan penyelidikan mengenai penjualan pasokan medis yang dijual dengan harga sangat mahal ke rumah-rumah sakit.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini