Uji Vaksin Covid-19 Berskala Besar, Rusia Siapkan 40.000 Relawan

Agregasi Sindonews.com, · Sabtu 22 Agustus 2020 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 18 2265738 uji-vaksin-covid-19-berskala-besar-rusia-siapkan-40-000-relawan-EFb0yXZRp1.jpg Ruang isolasi pasien Covid-19 (foto: Okezone)

MOSKOW – Rusia dalam waktu dekat akan melakukan uji coba vaksin Covid-19 berskala besar dengan melibatkan 40.000 relawan. Denis Logunov, Wakil Direktur Karya Ilmiah dari Institut Penelitian Gamaleya Rusia mengatakan, proses penyeleksian para relawan dan diharapkan uji coba mulai berlangsung pekan depan.

"Kami telah menyetujui protokol besar untuk 40 ribu peserta, dan tujuan dari protokol ini bukanlah untuk mempelajari imunogenisitas dan keamanan vaksin, dan sudah pasti akan terjadi seperti biasa, tetapi sebagai tambahan kita harus menilai epidemi kemanjuran vaksin ini," kata Logunov, yang berbicara saat menggelar konferensi pers virtual yang turut dihadiri Sindonews.

"Dan, kami menyarankan pemilihan 40 ribu sukarelawan sudah cukup untuk membuktikan bahwa (vaksin) menjadi efisien sehingga layak mendapatkan pendaftaran penuh. Dan hanya sekali dari semua kondisi tersebut dipatuhi, kami akan beralih ke pendaftaran penuh dan kami akan dapat memberikan vaksin kepada masyarakat luas," sambungnya.

Sementara itu, CEO Russian Direct Investment Fund, Kirill Dmitriev mengatakan bahwa uji coba ini akan sejalan dengan peraturan dan standar internasional yang berlaku.

"Ini akan menjadi percobaan acak, tersamar ganda, terkontrol plasebo. Itu akan menjadi percobaan yang sangat penting, yang akan sejalan dengan vaksinasi kelompok risiko," ungkapnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini