Program Integrasi Universitas Gunadarma Mudahkan Mahasiswa dalam Belajar secara Virtual

Karina Asta Widara , Okezone · Senin 24 Agustus 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 1 2266580 program-integrasi-universitas-gunadarma-mudahkan-mahasiswa-dalam-belajar-secara-virtual-2B9tg9juk7.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA- Selama masa pandemi Covid-19 sejumlah perguruan tinggi masih menjalankan perkuliahan mahasiswa pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 digelar dengan metode kuliah jarak jauh.

Seperti yang dilakukan oleh Universitas Gunadarma yang merupakan universitas swasta terbaik di Indonesia yang hingga kini masih menjalankan kuliah jarak jauh atau secara daring. Pelaksanaan kuliah jarak jauh akan selalu dievaluasi seiring dengan perkembangan kondisi terakhir.

Di antara kebijakan yang diambil ialah menonaktifkan kegiatan perkuliahan di lingkungan kampus untuk melakukan sterilisasi serta melakukan karantina mandiri mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan, termasuk tidak melakukan aksi pertemuan di tempat umum sekaligus menghidupkan perkuliahan dan bimbingan tesis/skripsi secara daring.

Namun, dengan tradisi perkuliahan secara konvensional, pilihan melakukan pembelajaran secara daring dari kediaman masing-masing tidak mudah dilakukan. Pertama, memerlukan kesiapan perangkat dan tentu paket data internet yang masih dikelola secara mandiri.

“Ya, memang tidak mudah kuliah daring. Apalagi sebagian mahasiswa saat ini ada yang di kampung. Apalagi masih ada kendala seperti jaringan internet,” terang Prof. Budi Hermana Kepala BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi) Universitas Gunadarma.

Kedua, tidak semua dosen dan mahasiswa siap mengoperasikan sistem pembelajaran secara daring dengan cepat, termasuk juga mempersiapkan bahan perkuliahan secara digital. Pembelajaran dari luar kampus tentu menjadi bagian yang juga telah diamanahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, sehingga lebih memfokuskan diri pada upaya transfer pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa. Kebijakan itu juga bisa mendorong mahasiswa agar bisa lebih inovatif dan kreatif dalam belajar (student centered learning).

Guna memudahkan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar, perpustakaan, administrasi akademik untuk seluruh mahasiswa, Universitas Gunadarma yang berbasis teknologi komputer yang menunjang segala aktivitas perkuliahan maupun non perkuliahan, mempunyai beberapa layanan yang dapat diakses oleh mahasiswa maupun dosen, beberapa contoh jenis layanan Universitas Gunadarma:

• BAAK online, dapat di akses di http://baak.gunadarma.ac.id

• Studentsite, dapat di akses di http://studentsite.gunadarma.ac.id

• Virtual class, dapat diakses di http://v-class.gunadarma.ac.id

• UG Library, dapat diakses di http://library.gunadarma.ac.id

• Staffsite, dapat diakses di http://staffsite.gunadarma.ac.id

Beberapa layanan yang disediakan oleh Gunadarma ini sangat berguna dan membantu mahasiswa untuk mendapatkan berbagai informasi yang selalu ter-update tiap harinya. 

Terlebih pada situasi saat ini yang masih terjadi pandemi. Menurut Prof. Budi, salah satu program integrasi UG, yakni V-Class atau Virtual Class. V-Class adalah sebuah aktivitas belajar-mengajar yang melibatkan dosen dan mahasiswa dalam sebuah perkuliahan dengan menggunakan fasilitas komputer multimedia melalui media internet tanpa menggunakan ruang kelas.

Aktivitas ini dimaksudkan untuk melengkapi “blended learning” yang memadukan dan menyelaraskan antara metode pembelajaran “face to face” di kelas dengan pembelajaran menggunakan media elektronik secara online.

Virtual Class sangat berguna bagi mahasiswa Universitas Gunadarma untuk meningkatkan sesuatu, dan cenderung mempunyai kesempatan lebih besar untuk mengeksplor diri.

Di samping V-Class, Prof. Budi menjelaskan, dalam masa transisi sistem perkuliahan akan dilakukan berselingan dengan metode yang berbeda, seperti UGTV, zoom meeting, digital locker, radio, hingga penugasan mandiri.

"Pembelajaran daring itu bukan harus selalu online, bagaimana kurikulumnya di desain, metode pembelajarannya di desain. Mereka bisa kerja mandiri, tapi pekerjaan mandiri fokus kepada kurikulum yang sudah diubah," jelasnya.

UGTV sendiri merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Universitas Gunadarma sebagai Salah satu alat utama penyampaian informasi pembelajaran yang dipandang efektif untuk menyampaikan pesan dalam dua dimensi sekaligus yaitu dimensi suara (audio) dan gambar (visual).

Fungsi UGTV Televisi Komunitas Gunadarma yg sudah di tayangkan di Chanal 32 Digital, disamping itu bisa melalui UGTV Mobile baik di IOS maupun Android dan melalaui ugtv.co.id dan tv. Gunadarma.co.id.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini